Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sukses Bendung Arsenal, Jakupovic Hanya Beruntung

By Verdi Hendrawan - Minggu, 21 Februari 2016 | 01:38 WIB
Ekspresi kebahagiaan kiper Hull City, Eldin Jakupovic, usai menggagalkan tendangan bebas penyerang Arsenal, Joel Campbell, dalam pertandingan ronde kelima Piala FA 2015-2016 di Stadion Emirates, London, Inggris, pada Sabtu (20/2/2016). (JULIAN FINNEY/GETTY IMAGES)

Hull City sukses menahan imbang Arsenal 0-0 pada ronde kelima Piala FA, Sabtu (20/2/2016) di Stadion Emirates. Salah satu unsur kesuksesan klub divisi Championship itu adalah penampilan gemilang kiper Eldin Jakupovic (31).

Pada pertandingan tersebut, Arsenal tampil superior atas Hull. The Gunners menguasai 68 persen bola dan menciptakan 24 kali percobaan, di mana 11 di antaranya mengarah tepat ke gawang Hull.

Namun, 11 tembakan tepat sasaran itu masih mampu diamankan oleh Jakupovic yang menjadi pemain terbaik dalam laga tersebut. Salah satu penyelamatan terbaik kiper asal Swiss itu adalah saat menggagalkan tendangan bebas Joel Campbell.

"Sejujurnya, tendangan bebas itu sangat hebat. Saya pikir dia akan menembak ke arah mistar gawang dan saya telah membuat langkah ke kiri. Jadi saya sangat beruntung bisa menyentuh bola dengan jari tangan saya dan mengarah ke tiang, bukan ke dalam gawang," kata Jakupovic kepada BT Sport.

Sebelum pertandingan, Jakupovic pun sadar bahwa gawangnya akan menjadi bulan-bulanan para pemain Arsenal. Beruntung bagi Hull, dirinya bisa menghadapi itu semua dan memaksa Arsenal melakoni laga ulangan di kandang mereka, Stadion Kingston Communications.

"Sejak awal, kami tahu bahwa pertandingan ini akan sangat sulit untuk dihadapi. Kami hanya akan bertahan dan akhirnya kami berhasil meraih hasil imbang 0-0," ucap pemilik satu caps bersama timnas Swiss pada delapan tahun lalu itu.

[video]https://video.kompas.com/e/4755515544001_ackom_pballball[/video]