Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pusamania Borneo FC, Tugas Lama untuk Pelatih Baru

By Sabtu, 20 Februari 2016 | 10:05 WIB
Lini pertahanan PBFC masih menjadi masalah yang belum terpecahkan. (HARKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA)

Pusamania Borneo FC belum dapat memperbaiki kelemahan lamanya, yakni lini pertahanan. Dalam tiga laga uji coba akhir-akhir ini, PBFC sudah kebobolan empat gol.

Penulis: Ferry Tri Adi/Yosrizal

Masalahnya, dua dari tiga lawan uji coba skuat Pesut Etam adalah tim yang tak sekelas dengan mereka, yakni BCS dan UKM Universitas Mulawarman (Unmul). Dalam satu uji coba sisanya, PBFC kebobolan dua gol oleh Persela Lamongan.

Tiga rangkaian uji coba tersebut dilalui tanpa pelatih. Hingga saat ini, manajemen memang masih menyeleksi sejumlah pelatih.

Meski demikian, asisten pelatih Basri Abdusalam mengatakan lini belakang memang menjadi catatan bagi PBFC sejak tahun lalu. Bahkan ia menilai lini belakang merupakan masalah yang akan menjadi pembahasan prioritas tim.

“Saat ini kami sudah mengubah semuanya. Kejadian kemarin itu sudah diantisipasi. Kemarin mungkin karena 40 persen dari jumlah tim adalah pemain baru," ujar Basri saat dihubungi Tabloid BOLA pada Selasa (16/2/2016).

Menurut dia, sektor pertahanan akan membaik seiring adaptasi yang dilakukan para pemain anyar tersebut. Dari catatan Basri, timnya selalu kecolongan di periode akhir laga.

“Kami sudah evaluasi masalah kecolongan di menit akhir pertandingan. Jadi, kami sekarang sedang tekankan bagaimana pemain lebih kompak lagi dalam bertahan maupun menyerang,” katanya.

Adapun saat ini, PBFC ditinggalkan bek andalannya, Hamka Hamzah, yang memilih bergabung dengan Arema Cronus.

Masalah Lama