Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rahasia Lonjakan Produktivitas Giroud

By Anju Christian Silaban - Jumat, 19 Februari 2016 | 06:33 WIB
Penyerang Arsenal, Olivier Giroud, merayakan gol yang dia cetak ke gawang Liverpool dalam pertandingan Premier League di Anfield, Liverpool, Inggris, 13 Januari 2016. (ALEX LIVESEY/GETTY IMAGES)

 Olivier Giroud mengaku termotivasi dengan rumor transfer yang mengaitkan Arsenal dengan sejumlah striker papan atas. Faktor ini menjadi dorongan Giroud untuk mendongkrak performa.

Bursa transfer musim panas 2015 menjadi salah satu contoh. Ketika itu, The Gunners santer diberitakan berniat merekrut Karim Benzema dari Real Madrid.

Rumor tersebut memang tak terealisasi. Namun, diakui Giroud, kabar kedatangan Benzema tetap memberikan efek positif terhadap dirinya.

"Setiap periode transfer, ada beberapa nama yang keluar sebagai calon rekrutan. Ini juga memotivasi saya. Sebab, Anda mungkin tidak mengerahkan kemampuan terbaik saat berada di zona nyaman," kata Giroud.

Hasilnya, Giroud menunjukkan grafik menanjak. Dia mampu mencetak 12 gol dalam 26 partai Premier League 2015-2016. Jumlah ini hanya terpaut empat dengan catatan terbaik Giroud dua musim lalu.

[video]https://video.kompas.com/e/4755497603001_ackom_pballball[/video]

Peningkatan ini turut dilatari oleh usaha keras Giroud. Striker berkebangsaan Perancis ini coba mengasah kemampuan mencetak gol melalui tandukan.

Lima gol Giroud di liga tercipta berkat tandukan kepala. Namun, dia tak lantas puas.

"Saya bisa banyak memperbaiki tandukan. Sebuah hal menyenangkan apabila saya mencetak gol lewat kepala. Meskipun, ini juga bisa dipicu oleh penempatan posisi dan umpan silang yang bagus," ucap dia.

Berikutnya, Giroud bakal membela Arsenal saat melawan Hull City pada babak kelima Piala FA di Stadion Emirates, Sabtu (20/2/2016).

[video]https://video.kompas.com/e/4755515561001_ackom_pballball[/video]