Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ini Alasan Manor Rela Menunggu Lama untuk Rio Haryanto

By Firzie A. Idris - Kamis, 18 Februari 2016 | 21:18 WIB
Rio Haryanto tampak semringah usai dipastikan bakal bertarung penuh pada Formula 1 (F1) musim 2016 di Gedung Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (18/2/2016). (ADINDA DWI/JUARA)

Manajer Rio Haryanto, Piers Hunnisett, mengungkapkan kalau Manor Racing menunggu hingga saat-saat terakhir sebelum Tes Pramusim Formula 1 2016 untuk mengumumkan Rio Haryanto. Ia juga mengungkapkan kalau mereka sudah terikat dengan tim sejak Desember.

Alasan pertama Manor rela menunggu lama adalah karena tim tersebut terpincut dengan hasil-hasil bagus Rio di GP2.

"Ia bisa mengalahkan pebalap Belgia Stofel Van Doorne, yang katanya superstar, dalam beberapa perlombaan," ujar pria asal Belanda ini.

Kedua, tentu saja tentang kewajiban finansial yang harus Rio dan manajemennya penuhi.

Dalam hal ini, Piers mengatakan kalau persetujuan dengan Manor tidak datang tiba-tiba, seperti setelah Abdulla Boulsien (Direktur Manor) datang ke Jakarta pekan lalu.

Melainkan, ia mengatakan kalau pengumumannya saja yang ditunda.

"Kami tanda tangan kontrak dengan Manor sejak 16 Desember 2015 tapi kami juga harus memenuhi kebijakan finansial dan mengurus kontrak dengan Pertamina sebelum go public," lanjut Piers. 

Piers mengatakan tim Manor bukan Red Bull atau Ferrari dan pemilik klub, Stephen Fitzpatrick, pun butuh dana demi melancarkan perjuangan tim musim depan.

"Pemilik kami kaya tapi ia bukan multimiliuner, ia juga perlu dana. Anda mesti tahu, tim berinvestasi ke Rio, ia berjudi dengan Rio lebih dari para pebalap lainnya," tuturnya.


Rio Haryanto mencium bendera Merah Putih yang dipegang Menpora Imam Nahrawi di Gedung Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (18/2/2016).(ADINDA DWI/JUARA)