Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rio Haryanto: Saya Lega!

By Kamis, 18 Februari 2016 | 19:03 WIB
Rio Haryanto tampak semringah usai dipastikan bakal bertarung penuh pada Formula 1 (F1) musim 2016 di Gedung Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (18/2/2016). (ADINDA DWI/JUARA)

Resmi diumumkan sebagai pebalap tim Manor, Rio Haryanto mengaku lega karena penantiannya untuk tampil pada ajang Formula 1 (F1) tidak sia-sia.

"Secara mental saya merasa lega telah resmi bergabung. Seperti diketahui untuk bisa membalap di Formula One (F1) tidak hanya butuh bakat, tetapi juga butuh skill, mendapat tawaran tim untuk bergabung dan didukung dengan finansial," kata Rio dalam Konferensi Pers di Kantor Pertamina Pusat, Jakarta, Kamis (18/2/2016).

"Semua  tahap sudah saya lalui. Sekarang tugas saya memberikan yang terbaik. Saya belum tahu nomor mobil yang akan saya gunakan, semuanya masih dalam proses," ucap Rio.

Pebalap asal Solo itu menyatakan bisa tampil pada ajang balapan F1 merupakan bonus baginya setelah berkiprah di Go Kart, Formula BMW, GP3, dan GP2.

"Oleh karena itu, saya akan menunjukkan potensi yang saya miliki. Dari segi mobil cukup bagus karena akan didukung Mercedes. Tetapi, saya baru akan tahu setelah menjajal mobil," kata Rio.

Rio langsung menghadapi jadwal cukup padat setelah resmi bergabung dengan Manor. Rio, Jumat (19/2/2016) langsung bertolak ke Barcelona untuk mengikuti tes pramusim di Barcelona pada 22-25 Februari.

"Tes di Barcelona akan saya gunakan sebaik mungkin untuk beradaptasi dengan mobil baru dan tim. Saya selanjutnya akan mengikuti tes kedua pada 25-27 Maret, " ucap Rio.

"Sesi latihan akan dimulai Senin (22/2/2016). Mohon doa restu dari semua pihak. Saya akan terus membanggakan dan membawa nama Indonesia ke tingkat lebih tinggi," kata Rio menambahkan.

Pertamina selaku sponsor utama Rio memastikan pihaknya telah menyetorkan dana sebesar 2, 250 juta euro. Sisanya akan dilunasi setelah Rio melalui tiga seri F1.