Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mantan Bomber Real Madrid Dipecat Klub Divisi 3 Spanyol

By Beri Bagja - Kamis, 18 Februari 2016 | 02:16 WIB
Fernando Morientes (kanan) bersama Jose Mourinho dalam acara presentasi buku Raul Gonzalez di Madrid, 1 Juni 2010. (DOMINIQUE FAGET/AFP)

Masih ingat Fernando Morientes? Mantan bomber Real Madrid itu meroket ketika memperkuat Los Blancos pada 1997-2005. Sebelas tahun usai kepergiannya dari raksasa La Liga itu, Morientes harus menerima nasib dirinya dipecat oleh klub Divisi III Liga Spanyol, Fuenlabrada.

Kabar pemecatan Morientes (39) muncul pada Rabu (17/2/2016) atau Kamis dini hari WIB.

Ia didepak Fuenlabrada karena hanya membawa klub tersebut ke posisi 11 di Grup II Segunda Division B, liga level ketiga dalam sistem piramida kompetisi Spanyol.

Pemecatan tersebut terbilang ironis lantaran Morientes baru ditunjuk pada Juni 2015 dengan ikatan kontrak awal selama dua tahun.

Eks striker timnas Spanyol itu dibebani target membawa klub promosi ke Divisi II dengan bujet 1 juta euro per tahun.

Namun, kegagalan membawa tim tampil konsisten membuat petinggi Fuenlabrada harus mengambil sikap tegas.

"Sungguh keputusan sulit untuk berpisah dengan salah satu kepingan kunci proyek baru kami. Klub berharap yang terbaik dalam karier Fernando dan berterima kasih atas kerja kerasnya," ujar presiden klub, Jonathan Praena, di As.


Aksi Fernando Morientes saat membela Real Madrid dalam laga Liga Champions melawan Anderlecht, 5 Desember 2000.(PHIL COLE/ALLSPORT/GETTY IMAGES)

Fuenlabrada, tim asal area metropolitan Madrid, merupakan klub senior pertama yang dilatih Morientes.

Peraih tiga gelar Liga Champions semasa membela Real Madrid itu banting setir menjadi pelatih sejak 2012. Sebelumnya, dia menukangi tim junior Huracan Valencia (2012) dan Real Madrid (2012-2014).