Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Performa Manchester United Lebih Baik tanpa Wayne Rooney

By Beri Bagja - Kamis, 18 Februari 2016 | 06:49 WIB
Wayne Rooney kesakitan akibat mengalami cedera dalam duel Manchester United di kandang Everton, 29 Oktober 2011. (MICHAEL REGAN/GETTY IMAGES)

Kubu Manchester United barangkali seperti merasakan sambaran petir ketika mendengar kabar cedera Wayne Rooney (30). Namun, publik Setan Merah mungkin pula bisa sedikit tenang melihat catatan performa United justru lebih baik tanpa diperkuat sang kapten.

Rooney mengalami cedera pada ligamen lutut dan diprediksi bakal absen selama dua bulan. Jika prediksi tersebut cocok, penyerang Inggris itu akan melewatkan setidaknya 8 partai Premier League.

Kondisi tersebut jelas kerugian besar mengingat performa Rooney sedang menunjukkan peningkatan. Ia mencetak 7 gol dari 9 penampilan terbaru.

Namun, ada fakta bahwa United seharusnya tak perlu terlalu khawatir menyikapi cedera sang kapten. Dalam empat musim terakhir di liga, kinerja rata-rata mereka justru sedikit lebih baik ketika Rooney absen.

Sejak 2012-2013, Rooney telah melewatkan 29 laga karena berbagai alasan. Tanpa dia, klub merengkuh 57 poin hasil dari 17 kemenangan, 6 skor imbang, dan 6 kekalahan.

Artinya, secara rata-rata United memetik 1,96 poin per partai minus tenaga Rooney. 

Rasio perolehan Red Devils agak menurun ketika dirinya tampil.  Dalam kurun waktu yang sama, United melalui 111 partai bersama Rooney dan meraih total 207 poin.

Dengan kata lain, rataan angka milik kubu Old Trafford itu mencapai 1,86 per gim.

[video]https://video.kompas.com/e/4754339627001_ackom_pballball[/video]

Perbedaan tipis itu toh bukan patokan bahwa kondisi United akan kembali membaik tanpa Rooney. Manajer Louis van Gaal dihadapkan pada pilihan terbatas di lini depan.