Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tottenham Punya Kiper Setara Joe Hart dan Petr Cech

By Nugyasa Laksamana - Rabu, 17 Februari 2016 | 18:26 WIB
Kiper Tottenham Hotspur, Hugo Lloris, dinilai sejajar dengan Petr Cech dan Joe Hart. (IAN KINGTON/AFP)

Legenda Newcastle United, Alan Shearer, menilai kiper Tottenham Hotspur, Hugo Lloris, sebagai pemain kelas dunia. Shearer pun menyetarakan Lloris dengan kiper Manchester City, Joe Hart, dan kiper Arsenal, Petr Cech.

Pendapat Shearer itu didasari oleh penampilan impresif Lloris saat melakoni laga kemenangan 2-1 Spurs atas Manchester City, di Stadion Etihad pada Minggu (14/2/2016).

Penampilan Lloris pada laga tersebut memang tergolong memuaskan. Berdasarkan catatan Squawka, kiper berusia 29 tahun itu tercatat melakukan tujuh penyelamatan penting.

Tak heran, Shearer pun terkesan dengan Lloris, dan menyebut Lloris sudah satu level dengan Hart dan Cech.

"Lloris menunjukkan penyelamatan kelas dunia dan membawa timnya menang di Stadion Etihad. Itulah yang harus dilakukan seorang kiper jika timnya dalam tekanan," tulis Shearer di Coral.co.uk, Rabu (17/2/2016).

Kemenangan atas City menjaga posisi Spurs di empat besar klasemen Premier League. Kini, Spurs berada di posisi kedua dengan mengemas 51 poin, atau selisih dua poin dengan Leicester City di peringkat pertama.

"Kasper Schmeichel (kiper Leicester City) dan Petr Cech adalah sosok penting bagi klub mereka, demikian pula Joe Hart. Jadi, empat tim teratas Inggris memiliki kiper kelas dunia," tuturnya.

Sepanjang musim ini, Lloris bermain sebanyak 25 pertandingan Premier League dan sukses sembilan kali clean sheet atau tanpa kebobolan.

Dia juga menjabat sebagai kapten di Spurs dan tim nasional Prancis. Bersama Les Bleus, Lloris tampil sebanyak 69 laga.

Lloris direkrut Spurs dari Olympique Lyon pada Agustus 2013, dengan banderol sebesar 9,45 juta poundsterling (sekitar Rp 182 miliar).

[video]https://video.kompas.com/e/4755497620001_ackom_pballball[/video]