Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rio Haryanto Mungkin Harus Berbagi Kursi di F1

By Anju Christian Silaban - Selasa, 16 Februari 2016 | 10:41 WIB
Rio Haryanto, masih membutuhkan tambahan dana untuk berkiprah di F1. (FERNANDO RANDY/BOLA/JUARA.NET)

 Rio Haryanto kemungkinan akan berbagi kursi dengan Alexander Rossi dan Will Stevens di tim Manor Racing pada Formula 1 2016.

Sebelumnya, ketiga nama tersebut bersaing untuk memperebutkan satu tempat di tim Manor. Satu kursi lainnya sudah dipastikan menjadi milik pebalap asal Jerman, Pascal Wehrlein.

Akan tetapi, Manor menimbang opsi lain. Menurut surat kabar asal Finlandia, Ilta Sanomat, Manor berencana memberikan kontrak untuk ketiganya.

Dengan begitu, Rio hanya bermain untuk tujuh seri pada F1 2016. Manor juga menuntut masing-masing pebalap untuk menyetor biaya 5 juta euro (sekitar Rp 74,6 miliar) agar bisa ikut serta.

Skenario ini sesuai dengan aturan pasal 26 ayat 1 yang berbunyi, "Selama satu musim, setiap tim diizinkan menggunakan empat pebalap."

Apabila mengacu aturan tersebut, penghitungan poin untuk masing-masing pebalap dilakukan secara terpisah.

Kini, Manor menjadi satu-satunya tim yang belum mengumumkan susunan pebalap secara penuh untuk F1 2016. Mereka diperkirakan merilis kepastian pada 22 Februari 2016.

Adapun Rio telah mendapat bantuan sebesar Rp 100 miliar untuk mengikuti kejuaraan. Dana sponsor yang dihimpun oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) belum cair hingga saat ini.

Manajemen Rio telah membayar dana panjer (DP) untuk satu kursi di Manor sebesar 3 juta euro yang dananya berasal dari pinjaman Bank. Jumlah DP itu sudah naik dari semula 3,3 juta euro menjadi 5,5 juta euro.

Oleh karena itu, Rio masih memiliki kewajiban membayar DP sebesar 2,5 juta euro.