Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bikin Gol Bunuh Diri, Bek Timnas Liberia Ini Tetap Dipuji

By Senin, 15 Februari 2016 | 07:00 WIB
Dirkir Kohn (merah) saat membela Persiba Balikpapan pada laga persahabatan melawan PSS Sleman, Minggu (14/2/2016). (GONANG SUSATYO/JUARA.NET)

SLEMAN, JUARA.net – Persiba Balikpapan kalah dari PSS Sleman dalam laga uji coba akibat gol bunuh diri bek asal Liberia, Dirkir Glay Kohn. 

Pemain tim nasional Liberia ini sesungguhnya hendak membuang bola dalam pertandingan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (14/2/2016). Namun sundulannya justru meluncur ke gawang sendiri tanpa bisa dijangkau kiper Gery Mandagi.

Gol itu menjadikan Persiba yang sudah unggul berbalik kalah. Pertandingan pun dimenangi PSS 2-1.

Persiba sempat unggul lebih dulu melalui gol Victor Wai pada menit ke-42.PSS mampu menyamakan skor setelah tendangan bebas Kristian Adelmund pada menit ke-54. Gol penentu kemenangan Elang Jawa akibat bunuh diri Dirkin Kohn (74').

Blunder pemain yang memiliki enam caps ini tak merisaukan pelatih Persiba, Eduard Tjong. Dia justru menilai penampilan Dirkir makin menyatu dengan tim. Menurut dia, Dirkir tak kesulitan beradaptasi dengan rekan-rekannya.

“Tak masalah dengan gol itu. Yang jelas dia bermain bagus. Penampilannya tidak mengecewakan,” ujar Eduard.

“Terpenting, dia sudah menyatu dengan tim. Harus diakui Dirkir tak sulit beradaptasi meski baru pertama kali bermain di Indonesia, Dia pemain yang berpengalaman. Apalagi, Dirkir masih tercatat sebagai pemain timnas Liberia,” ucapnya lagi.

Saat ini, Persiba memiliki dua pemain Liberia. Selain Dirkir masih ada striker Edy Foday Boakay. Persiba sesungguhnya juga merekrut Erick Weeks. Namun, rencana itu batal sehingga Eduard harus mencari penggantinya.

“Saya masih butuh tambahan pemain depan. Kemungkinan besar kami mendatangkan striker asing lagi,” kata sang pelatih.