Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Fans Dortmund Lakukan Protes Tiket Mahal di Stuttgart

By Verdi Hendrawan - Rabu, 10 Februari 2016 | 09:30 WIB
Fans Borussia Dortmund saat melakukan aksi protes terkait harga tiket yang mahal di Marcedez Benz Arena, Stuttgart, Jerman, dalam laga babak peremoat final Piala DFB-Pokal, pada Selasa (9/2/2016). (DOK. DEUTSCHE WELLE/PICTURE-ALLIANCE/DWP/M MURAT)

Fans Borussia Dortmund melakukan aksi protes soal mahalnya harga tiket pertandingan saat timnya bertandang ke Mercedes Benz Arena menghadapi Stuttgart di babak perempat final DFB Pokal, Selasa (9/2/2016) atau Rabu dini hari WIB. Protes tersebut diwarnai dengan aksi diam dan melempar bola tenis ke lapangan.

Dortmund sangat terkenal memiliki fans paling berisik di Jerman. Namun, pada laga tersebut, mereka melakukan aksi diam pada 20 menit pertama dan mengosongkan bangku bagian depan di tribun tim tamu.

Pihak Stuttgart yang mematok harga tiket tertinggi sebesar 70 euro (Rp 1,07 juta) untuk seperempat kuota suporter tim tamu. Sedangkan harga tiket termurah adalah 38,5 euro dan tiket berdiri sebesar 19,5 euro.

Suporter tim tamu juga membentangkan spanduk bertuliskan, "Fussball Muss Bezahlbar Sein!" yang berarti "Sepak bola seharusnya terjangkau" di tribun. Setelah itu, mereka melemparkan ratusan bola tenis ke arah lapangan.

Kondisi tersebut sempat membuat wasit menghentikan pertandingan dan meminta petugas membersihkan lapangan dari bola tenis.

Pada laga tersebut, Dortmund menang 3-1 atas tuan rumah Stuttgart sehingga berhak melangkah ke semifinal DFB Pokal.

Tiga gol kemenangan Dortmund pada laga tersebut dicetak oleh Marco Reus (5'), Pierre-Emerick Aubameyang (31'), dan Henrikh Mkhitaryan (89'). Satu-satunya gol tuan rumah dibukukan Lukas Rupp pada menit ke-81.

Pada laga perempat final lain yang dilangsungkan bersamaan, Werder Bremen juga menang dengan skor identik, 3-1, di kandang Bayer Leverkusen.

Dua laga perempat final DFB Pokal tersisa akan dimainkan pada Rabu (10/2/2016) atau Kamis dini hari WIB, yaitu FC Heidenheim vs Hertha Berlin dan VfL Bochum vs Bayern Muenchen.