Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Andai Napoli Menang di Juventus Stadium...

By Anju Christian Silaban - Selasa, 9 Februari 2016 | 04:45 WIB
Cesare Prandelli saat masih menangani Galatasaray menghadapi Arsenal dalam lanjutan laga Grup D Liga Champions 2014-2015 di Emirates Stadium, London, Inggris, pada 1 Oktober 2014. (PAUL GILHAM/GETTY IMAGES)

 Mantan pelatih timnas Italia, Cesare Prandelli, melontarkan prediksi soal partai Juventus kontra Napoli pada lanjutan Serie A di Juventus Stadium, Sabtu (13/1/2016). Menurut dia, Napoli berpeluang besar meraih Scudetto jika memenangi laga tersebut.

Pertandingan ini bakal memengaruhi konstelasi papan atas klasemen. Kini, Napoli bertengger di puncak dan unggul dua poin atas Juventus.

Menjelang pertandingan ini, kedua tim juga menunjukkan tren positif. Napoli memenangi delapan partai liga secara beruntun, sedangkan Juventus mencatat 14 kemenangan berturut-turut.

"Kedua tim memang berada dalam kondisi puncak. Ini akan menjadi pertandingan terbuka. Kita bakal melihat tim yang menggandakan keunggulan atau justru memangkas jarak," kata Prandelli.

"Apabila meraih kemenangan di Juventus Stadium, Napoli akan memiliki klaim serius terhadap Scudetto. Adapun kompetisi kembali terbuka andai Juventus menang," ucap dia.

Dua pemain sayap Napoli, Jose Callejon dan Lorenzo Insigne, dianggap bisa menjadi penentu. Mereka sudah menyumbang total 17 assist pada Serie A 2015-2016.

Oleh karena itu, Prandelli mengimbau pelatih Napoli, Maurizio Sarri, untuk menerapkan formasi ofensif, yaitu 4-3-3.

"Apabila sektor sayap dimenangi oleh Juventus, Napoli akan bermain dengan 4-5-1. Ini sangat mengisolasi Gonzalo Higuain," tutur Prandelli.

Adapun Higuain tengah memuncaki daftar pencetak gol terbanyak dengan koleksi 24 gol dari 24 partai. Dia juga menyamai rekor Diego Armando Maradona, yang mencetak gol dalam enam partai beruntun pada Serie A 1987-1988.