Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ketajaman Duet Leicester Ini Setara 25 Pemain Manchester United

By Beri Bagja - Kamis, 4 Februari 2016 | 22:53 WIB
Striker Leicester, Jamie Vardy (kiri), merayakan gol bersama Riyad Mahrez dalam laga kontra Newcastle di St. James' Park, 21 November 2015. (IAN MACNICOL/GETTY IMAGES)

Pemimpin klasemen sementara Premier League, Leicester, sangat terbantu oleh ketajaman Jamie Vardy dan Riyad Mahrez. Duet Leicester tersebut secara kolektif menghasilkan 31 gol. Jumlah itu sudah setara dengan catatan seisi skuat Manchester United!

Vardy memimpin daftar top scorer sementara dengan 18 gol, sedangkan Mahrez punya 13 gol. Koleksi gabungan 31 gol dari dua pemain itu saja sudah melebihi produktivitas 11 klub Premier League sampai pekan ke-24!

Sebagai perbandingan lain, jumlah 31 gol dari Vardy dan Mahrez juga sama banyak dengan torehan total Manchester United.

Dari 25 pemain yang sudah diturunkan manajer Louis van Gaal, Wayne Rooney menjadi pemain tersubur United dengan catatan cuma 7 gol.

Minimnya catatan gol Man United erat korelasinya dengan jumlah percobaan yang juga sedikit. Secara rata-rata, Setan Merah hanya melepaskan 11,4 tembakan per gim.

Jumlah itu merupakan rataan terendah ketujuh di liga musim ini. Leicester bukan tim pemilik tembakan terbanyak, tapi catatan 13,3 upaya per partai milik The Foxes dilengkapi efisiensi yang sangat baik. 

[video]https://video.kompas.com/e/4735027835001_ackom_pballball[/video]

Efisiensi itu juga terpapar dalam hal pemanfaatan bola. Leicester tak butuh lama-lama menguasai permainan untuk memenangi laga.

Sebanyak 13 dari 14 kemenangan The Foxes musim ini justru terlahir dengan mereka kalah dominan dalam penguasaan bola.

Baca Juga: