Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tottenham Tak Bisa Kehilangan Toby Alderweireld

By Kamis, 4 Februari 2016 | 16:42 WIB
Pemain belakang Tottehnham Hotspur, Toby Alderweireld, merayakan kemenangan timnya atas Crystal Palace dalam partai lanjutan Premier League di stadion Selhurst Park, London, 23 Januari 2016. (IAN WALTON/GETTY IMAGES)

Hanya dalam hitungan hari, Tottenham Hotspur harus kehilangan dua bek tengah: Jan Vertonghen dan Federico Fazio.

Penulis: Theresia Simanjuntak

Pekan lalu Manajer Tottenham, Mauricio Pochettino, mengonfirmasi Vertonghen bakal absen selama dua bulan karena cedera serius pada ligamen lutut.

Bek berusia 28 tahun itu mendapatkan cedera tersebut gara-gara terjatuh setelah disikut pemain Crystal Palace, Connor Wickham, pada Selasa (23/1/2016).

Tottenham begitu mengandalkan Vertonghen musim ini. Dia membentuk kemitraan solid di jantung pertahanan bersama Toby Alderweireld.

Dua bek yang sama-sama berasal dari Belgia itu tidak pernah absen memperkuat Lili Putih sampai pekan ke-23 Premier League 2015-2016.

Sementara itu, pada hari tenggat bursa transfer musim dingin 2016, Tottenham melepas Fazio ke Sevilla dengan status pinjaman sampai akhir musim.

Alasan kepindahan Fazio dapat dimaklumi. Bek asal Argentina itu sulit mendapatkan kesempatan bermain seiring tangguhnya duet Vertonghen-Alderweireld.

[video]https://video.kompas.com/e/4735031139001_ackom_pballball[/video]

Fazio belum tampil satu menit pun di EPL 2015-2016. Padahal, ia beraksi 20 kali di liga musim lalu. Tanpa Vertonghen yang cedera dan Fazio yang dipinjamkan, Tottenham masih memiliki stok bek tengah.