Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Meneropong Peran Luis Suarez di FC Barcelona

By Weshley Hutagalung - Rabu, 3 Februari 2016 | 10:34 WIB
Luis Suarez usai mencetak gol ke gawang Cordoba di Camp Nou pada 20 Desember 2014 (JOSEP LAGO/AFP)

Luis Alberto Suarez Diaz. Begitu nama lengkap predator FC Barcelona yang dibeli dari Liverpool FC pada Juli 2014. Kini, penyerang asal Uruguay itu mengurangi beban Lionel Messi sebagai mangsa lawan-lawan Barcelona.

Luis Suarez bergabung dengan FC Barcelona pada musim 2014-2015. Namun, ia baru bisa membela Barcelona pada 25 Oktober 2014 saat Barca melakoni laga el clasico di Stadion Santiago Bernabeu.

Larangan bermain selama empat bulan dari FIFA akibat kasus menggigit Giorgio Chiellini di Piala Italia 2014 tak membuat Luis Suarez kehilangan sentuhan di mulut gawang lawan.

Pada musim pertama di Barcelona, Luis Suarez mampu mencetak 16 gol dalam 27 pertandingan liga (25 sebagai starter).

Peran Suarez tak hanya menjadi predator di mulut gawang. Statistik umpannya memperlihatkan bagaimana Suarez bisa cepat padu dengan Lionel Messi dan Neymar Jr.

Luis Suarez memberikan Messi assist sebanyak tujuh kali dan Neymar empat dari total 14 umpan miliknya yang berujung gol musim 2014-2015.

Tujuh assist Suarez kepada Messi itu merupakan jumlah umpan tertinggi yang diterima penyerang asal Argentina itu dari satu pemain Barcelona musim lalu.

Ya, dari 43 gol Messi di La Liga 2014-15, Suarez menjadi pemberi assist terbanyak bagi Sang Mesiah.

Musim ini, Luis Suarez menjadi pencetak gol terbanyak dalam 21 pertandingan yang sudah dijalani Barcelona di liga.

Ia mencetak 19 gol dari 20 penampilan yang semuanya sebagai starter. Tiga gol dilakukannya melalui sundulan kepala dan satu lewat titik  putih.