Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Persib Pilih Tampil pada Bali Island Cup dan Piala Bhayangkara

By Budi Kresnadi - Selasa, 2 Februari 2016 | 02:47 WIB
Para pemain Persib Bandung bersama pelatih Dejan Antonic (baju kuning) dalam sebuah sesi latihan tim. (BUDI KRESNADI/JUARA.NET)

Persib Bandung akhirnya memberikan kepastian soal turnamen yang bakal diikuti sebelum turun pada Indonesian Super Competitions (ISC). Kedua turnamen tersebut adalah Bali Island Cup dan Piala Bhayangkara.

Keputusan Persib untuk turun pada kedua turnamen tersebut cukup mengejutkan, karena sebelumnya turnamen Piala Gubernur Kaltim dan Piala Walikota Padang yang santer dikaitkan dengan Maung Bandung.

Bahkan pelatih Persib, Dejan Antonic, sempat menyebutkan bahwa timnya tak akan mengikuti Bali Island Cup (BIC) yang dihelat pada 24-28 Februari nanti.

Dejan beralasan pelaksanaan BIC yang juga diikuti Bali United, Arema Cronus dan PSS Sleman hanya sekitar 5 hari sehingga dari segi waktu dinilai tak ideal untuk sebuah turnamen pra musim.

Apalagi jeda waktu dari BIC ke ISC relatif cukup panjang. Berbeda dengan Piala Gubernur Kaltim yang berlangsung lama dan mepet dengan ISC.

"Jeda antara Piala Gubernur Kaltim ke ISC hanya seminggu sehingga tim kurang memiliki recovery dan persiapan menghadapi kompetisi sesungguhnya," kata Dejan usai menggenjot penggawa Persib di lapangan Football Plus, Parongpong Bandung Barat, Senin (1/2/2016).

Dejan juga mengatakan dalam Piala Gubernur Kaltim diikuti banyak tim elite Liga Super Indonesia. Padahal Dejan berusaha menghindari pertemuan dengan mereka karena ingin menyembunyikan kekuatannya supaya tidak terbaca lawan yang akan dihadapi di ISC.

Sementara itu pada ajang Piala Bhayangkara, menurut Dejan, Persib akan menjadi tuan rumah. Namun waktu dan tim pesertanya belum diketahui.

"Tujuan kami menyiapkan tim adalah untuk kompetisi, bukan turnamen. Lagipula kalau Persib ikut di banyak turnamen kami tidak punya banyak waktu untuk persiapan ISC. Jadi kami pastikan bahwa Persib hanya ikut dua turnamen saja di Bali dan piala Bhayangkara," ujarnya.