Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gelandang Porto Ini Akan Menjadi Pemain Termahal Stoke City

By Verdi Hendrawan - Selasa, 2 Februari 2016 | 01:15 WIB
Gelandang FC Porto, Giannelli Imbula (kanan), saat berebut bola dengan pemain Chelsea, Ramores dos Santos, dalam pertandingan Grup G Liga Champions 2015-2016 di Stamford Bridge, London, Inggris, pada 9 Desember 2015. (CLIVE ROSE/GETTY IMAGES)

ON-TRENT, JUARA.net - Jelang penutupan jendela transfer Januari 2016, Stoke City kemungkinan besar akan memecahkan rekor pembelian termahal mereka. The Potters saat sedang memproses pembelian gelandang FC Porto asal Prancis, Giannelli Imbula.

Jajaran direksi Stoke telah memberikan izin kepada Manajer Mark Hughes bernegosiasi dengan Porto untuk memiliki Imbula. Manajemen The Potters memberikan dukungan penuh kepada Hughes mendatangkan incaran utama yang sesuai dengan kemampuan finansial klub.

Seperti dikabarkan Sky Sports, proses transfer Imbula dari Porto ke Stoke sudah hampir rampung. Bahkan, pemain berusia 23 tahun itu saat ini sudah berada di komplek latihan Stoke bersama perwakilannya untuk mendiskusikan detail kontrak.

Stoke dikabarkan siap menebus Imbula dengan harga 18 juta pound atau sekitar Rp 355 miliar. Jika rampung, nilai transfer tersebut adalah yang tertinggi sepanjang sejarah klub The Potters.

Imbula adalah salah satu gelandang muda terbaik milik Prancis. Pada awal musim 2015-2016, ia sempat menjadi rebutan dua klub besar Serie A, yaitu Inter Milan dan Juventus, serta dua raksasa Premier League, Chelsea dan Arsenal.

Namun, Porto berhasil keluar sebagai pemenang dalam berburuan itu dengan harga transfer 20 juta euro (Rp 308 miliar) dari Olympique Marseille. Tetapi, Imbula gagal memenuhi ekspektasi Porto.

Sejak awam musim ini, Imbula hanya tampil tujuh kali sebagai pemain utama dari 10 pertandingan yang ia lakoni di Liga Portugal. Imbula juga hanya tiga kali dipercaya tampil penuh oleh pelatih yang saat itu masih menjabat, Julen Lopetegui.

[video]https://video.kompas.com/e/4722999903001_ackom_pballball[/video]