Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Samsul Arif Jadi Tumbal Kemenangan Arema di Purwokerto

By Iwan Setiawan - Senin, 1 Februari 2016 | 08:41 WIB
Samsul Arif saat latihan ringan di Purwokerto (30/1/2016). Dia kembali mengalami cedera engkel saat uji coba lawan Banyumas Selection. (IWAN SETIAWAN/JUARA.net)

Arema Cronus menuai kemenangan perdana di bawah arahan pelatih Milomir Seslija, dengan mengalahkan Banyumas Selection 2-1, pada Minggu (31/1/2016). Namun, kemenangan itu harus dibayar dengan cedera pergelangan kaki yang dialami oleh Samsul Arif.

Samsul masuk ke lapangan pada babak kedua, menggantikan posisi Cristian Gonzales. Namun, beberapa menit kemudian, Samsul ditarik keluar karena keluhan pada engkelnya.

"Memang engkel saya kambuh. Namun, enggak parah kok," kata striker timnas senior berusia 31 tahun itu.

Sebenarnya, kondisi Samsul memang belum siap untuk uji coba ini. Itulah sebabnya dia dicadangkan pada babak pertama. Samsul pun baru mengikuti latihan bersama tim pada sehari sebelum keberangkatan menuju Purwokerto.

Cedera engkel yang dialami Samsul sudah terjadi sejak ajang Piala Jenderal Sudirman (PJS). Dia harus beberapa kali menjalani latihan terpisah dengan tim medis. Tak heran, produktivitas gol Samsul pada babak semifinal PJS  pun menurun.

Sang pelatih, Milo, berharap kondisi Samsul segera membaik. Pasalnya, Milo ingin mematangkan kerangka timnya sebelum tampil di beberapa turnamen, seperti Bali Island Cup akhir Februari, dan Piala Gubernur Kaltim pada Maret mendatang.

Dalam uji coba melawan Banyumas Selection, Arema unggul lebih dulu lewat dua gol Cristian Gonzales dan Ferry Aman Saragih pada menit ke- 8 dan 22. Adapun gol balasan Banyumas dicetak Tdianto menit ke- 66.

Arema belum tampil maksimal karena kondisi pemain belum 100 persen fit. Hal itu dikarenakan Singo Edan baru kembali berlatih pada dua hari sebelum berangkat ke Purwokerto.

Saat ini Cristian Gonzales dkk juga sedang dalam fase transisi dengan gaya kepelatihan pelatih asal Bosnia Herzegovina.