Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kalahkan Derby, Manchester United Maju ke Babak 5 Piala FA

By Beri Bagja - Sabtu, 30 Januari 2016 | 05:09 WIB
Para pemain Manchester United merayakan gol Wayne Rooney ke gawang Derby County dalam laga Piala FA di iPro Stadium, 29 Januari 2016. (MATTHEW LEWIS/GETTY IMAGES)

Manchester United melaju ke babak V Piala FA setelah mengalahkan tuan rumah Derby County di iPro Stadium, Jumat (29/1/2016), dengan skor 3-1. Gol-gol United dicetak oleh Wayne Rooney, Daley Blind, dan Juan Mata, sedangkan gol Derby disumbangkan George Thorne.

Partai babak IV Piala FA ini berlangsung sengit. Kedua tim memainkan tempo tinggi dan terlibat aksi saling serang. Derby layak mendapat apresiasi karena memberi perlawanan sengit meski berasal dari Divisi II Liga Inggris.

Melakoni laga sebagai unggulan, Manchester United tancap gas sejak sepak mula. Mereka mendapat peluang pertama di menit ke-3. Namun, tembakan Martial cuma melenceng ke sisi kanan gawang.

Upaya penyerang lincah asal Perancis tersebut berasal dari sodoran Rooney. Kombinasi kedua pemain itu pula yang menelurkan gol pertama Man United.

Pada menit ke-16, Martial ganti menyuplai bola matang buat Rooney. Setelah mengecoh pergerakan dua pemain musuh, sang kapten melepaskan tembakan melengkung nan indah yang bersarang ke pojok kiri gawang Derby.

Di tengah dominasi United, Derby justru memanfaatkan celah di lini belakang Setan Merah melalui serangan balik.

Umpan cantik Chris Martin ke area tengah pertahanan United mendarat di kaki Thorne dan diteruskannya menjadi gol delapan menit sebelum jeda. 

Dominasi United sepanjang babak pertama tersaji dalam statistik penguasaan bola sebesar 66 persen, berbanding 34 persen milik Derby. 

Pasukan Louis van Gaal unggul tipis dalam penciptaan peluang. Mereka punya enam tembakan, sedangkan Derby empat.

Namun, manuver Derby lebih efektif karena tiga peluang mereka tepat sasaran. Termasuk gol Rooney, United cuma dua kali mengenai target.