Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tantangan Tidak Enteng untuk Lima Pelatih Rookie

By Eko Widodo - Kamis, 2 Oktober 2014 | 23:29 WIB
Steve Kerr, banyak belajar menangani tim baru. (Getty Images)

ulang filosofi bermainnya kepada para pemainnya.

Kerr dan Gentry dibantu empat asisten Ron Adams, Luke Walton, Jarron Collins, dan Bruce Fraser. Tiga asisten performance juga sibuk mengontrol kebugaran, yakni Keke Lyles, Johan Wang, dan Drew Yoder.

"Semoga semuanya berjalan bagus," kata Kerr, yang sebelumnya menjadi komentator NBA ini, seperti dikutip AP dan NY Times.

Kerr dan para asisten menggunakan camp latihan untuk memantapkan semua pola. Ia pun memanfaatkan camp untuk semakin memahami psikologi pemain.

Ada sembilan pelatih baru di musim 2014-15. Empat diantaranya tak memiliki pengalaman sebagai head coach NBA. Keempat pelatih itu adalah Kerr, Derek Fisher (Knicks), Quin Snyder (Utah), dan David Blatt (Cavaliers).

Meski tak memiliki pengalaman sebagai pelatih kepala NBA, keempat pelatih baru itu punya pengalaman lain. Fisher dan Kerr adalah sama-sama mantan point guard di tim juara NBA. Snyder berpengalaman di basket mahasiswa, Rusia, dan asisten pelatih NBA. Sedangkan Blatt matang di Eropa.

"Yang penting, kami harus belajar cepat melakukan observasi grup," ucap Fisher, yang bermain untuk LA Lakers, Utah Jazz, Golden State, dan OKC Thunder.

Sementara lima pelatih baru yang sudah punya back ground sebagai pelatih NBA adalah Stan Van Gundy (Detroit), Flip Saunders (Minnesota), Lionel Hollins (Brooklyn), Byron Scott (Los Angeles Lakers), dan Jason Kidd (Milwaukee).