Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Doohan: Miller Calon Bintang MotoGP Masa Depan

By Oka Akhsan M. - Selasa, 25 Maret 2014 | 23:14 WIB
Jack Miller (Mirco Lazzari gp/Getty Images)

Legenda balap motor asal Australia, Mick Doohan, memprediksi pebalap muda berusia 19 tahun asal Negeri Kanguru, Jack Miller, akan menjadi calon bintang MotoGP di masa depan.

Miller meraih kemenangan pertama sepanjang karier di kelas Moto3 di seri pembuka musim 2014 di Losail, Qatar, Minggu (23/3). Awak Red Bull KTM Ajo itu menjadi pebalap Australia pertama yang memenangi kelas terendah sejak Casey Stoner di Malaysia satu dekade silam.

"Jack semakin dekat dengan mimpinya, yaitu tampil di Moto2 atau bahkan langsung ke MotoGP jika ada tim yang tepat untuknya. Sosoknya sangat disukai di paddock. Australia membutuhkan pebalap yang bisa bersaing dengan pebalap top di MotoGP," kata Doohan kepada AAP.

Potensi besar Miller sudah terlihat pada musim lalu. Membela tim yang kurang kompetitif, FTR Honda, ia mampu mengakhiri musim di posisi ketujuh.

"Kemenangan di Losail menjadi pembuktian Jack. Jika diberikan motor yang bagus, ia mampu meraih kemenangan. Tak diragukan lagi, ialah calon bintang Australia di MotoGP. Ia memiliki segala kualitas untuk melakukannya," ujar Doohan.

Doohan juga meminta Miller tak terburu-buru pindah kelas hanya untuk membela tim papan bawah. Lima kali juara dunia kelas primer itu menyarankan Miller agar mencari pengalaman lebih banyak terlebih dahulu.

"Membela tim kelas ketiga hanya akan menghacurkan kariernya. Namun, kesempatan langsung membela tim besar seperti yang didapat Valentino Rossi dan Marc Marquez jarang terjadi. Berbeda jika ada tim kelas menengah yang menginginkannya. Lebih baik ia naik kelas," tutur Doohan.