Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Siapa Lebih Baik? Marchisio Atau Gerrard?

By Selasa, 30 September 2014 | 22:53 WIB
Claudio Marchisio tampil apik sebagai gelandang bertahan. (Marco Luzzani/Getty Images)

Steven Gerrard belakangan kerap dikritik lantaran performanya yang kurang meyakinkan kala mentas sebagai gelandang bertahan.

Kapten Liverpool itu boleh saja beralasan bahwa dirinya adalah “anak baru” di posisi gelandang bertahan. Namun, alasan itu boleh jadi tak cukup kuat jika menilik kiprah Claudio Marchisio bersama Juventus.

Lantaran cedera yang melilit Andrea Pirlo, arsitek Juve, Massimiliano Allegri, lantas menyulap Marchisio sebagai gelandang bertahan. Meski bermain satu partai lebih sedikit ketimbang Gerrard, Marchisio justru lebih unggul baik soal jumlah operan maupun akurasi.  

Dalam lima laga Marchisio membuat 451 operan dengan akurasi mencapai 89,8 %. Gerrard? pemain beralias Captain Fantastic itu cuma melepas 359 operan dalam enam laga dengan akurasi sebesar 86,4 persen.
 
Namun, Marchisio punya sebuah kemewahan yang tak dimiliki Gerrard. Ia didampingi oleh gelandang-gelandang petarung semodel Roberto Pereyra atau Arturo Vidal. Keberadaan Pereyra serta Vidal membuat Marchisio leluasa untuk mendikte permainan.

Sebaliknya, Liverpool tak memiliki stok pemain bertipe fighter. Jordan Henderson dan Lucas Leiva yang kerap menemani Gerrard di sentral permainan, kurang bisa memberikan proteksi memadai.