Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tontowi/Liliyana Tidak Berhasil Sumbang Emas

By Wisnu Nova Wistowo - Senin, 29 September 2014 | 21:03 WIB
Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (Getty Images)

Salah satu asa Indonesia untuk bisa menambah koleksi emas di Asian Games 2014 mengalami kegagalan, Senin (29/9). Ganda campuran bulu tangkis andalan Tanah Air, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir tidak berhasil menyumbang emas karena mengalami kekalahan di partai final.

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menghadapi Zhang Nan/Zhao Yunlei untuk memperebutkan satu keping emas dari cabang bulu tangkis nomor ganda campuran. Akan tetapi, Owi/Butet mengalami kekalahan dalam pertarungan dua gim langsung dengan skor 16-21, 14-21. Alhasil, pasangan terbaik Indonesia itu hanya memperoleh medali perak.

Tidak stabilnya performa Owi/Butet berakibat kehilangan gim pertama setelah sempat unggul jauh. Ya, saat sudah unggul 13-7 performa Tontowi/Liliyana menurun sehingga Zhang/Zhao bisa menyamakan kedudukan 13-13 dan membalikkan keadaan hingga menutup gim pertama dengan skor 21-16.

Di gim kedua tidak berhasil memberikan perlawanan hebat atas pasangan Zhang/Zhao. Pertandingan seolah sudah berakhir saat ganda campuran Tiongkok sudah unggu jauh 18-10.

Kegagalan Owi/Butet menyumbang medali emas membuat posisi Indonesia berada di urutan ke-16 klasemen sementara Asian Games 2014. Sejauh ini Merah Putih baru mengoleksi tiga emas, empat perak, dan tujuh perunggu.