Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Menpora RI Beri Sanksi Administratif PSSI

By Aning Jati - Sabtu, 18 April 2015 | 12:49 WIB
Menpora Imam Nahrawi jatuhkan sanksi administratif ke PSSI. (Kemenpora)

Saat ini Kongres Pemilihan PSSI di Hotel JW Marriott, Surabaya, masih berjalan. Namun, muncul kabar terbaru dari Kemenpora.

Pemerintah melalui Kemenpora resmi memberikan sanksi administratif terhadap PSSI. Dalam surat yang sudah diedarkan dengan Nomor 01307 dan ditandatangani Menpora Imam Nahrawi itu, Kemenpora memutuskan untuk tidak mengakui seluruh kegiatan keolahragaan yang dilakukan PSSI.

Adapun dasar pertimbangan pengenaan sanksi administratif terhadap PSSI itu, yakni secara de facto dan de jure sampai tenggat waktu yang ditentukan PSSI secara sah dan meyakinkan telah terbukti mengabaikan dan tidak mematuhi kebijakan pemerintah melalui teguran tertulis.

Seperti diketahui, Kemenpora sudah mengirimkan tiga surat teguran, tertanggal 8 April, 15 April, dan 16 April terkait persyaratan verifikasi yang harus dipenuhi kontestan LSI 2015 (QNB League), terutama menyangkut Persebaya dan Arema Cronus.

Kewenangan Menpora untuk pengenaan sanksi administratif pada tiap pelanggaran administratif dalam penyelenggaraan keolahragaan tingkat nasional juga jadi pertimbangan keluarnya keputusan ini.