Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Basket NCAA: Kentucky Kandaskan Seeded Pertama

By Editor Eko Widodo - Senin, 24 Maret 2014 | 06:56 WIB
Kegembiraan pemain Kentucky Wildcats menggulung Wichita State. (Getty Images)

10) dari conference SEC (Southeastern Conf) mengandaskan unggulan pertama regional Midwest, Wichita State (35-1) 78-76, Senin (24/3) di ronde ketiga Turnamen NCAA 2014, yang dimainkan di Scottrade Center, St. Louis, Missouri. Kemenangan itu membuat Kentucky berjumpa juara bertahan Louisville di babak Sweet 16, pekan 27-28 Maret ini.

Wichita State Shockers, dari conference MVC (Missouri Valley Conf.) memimpin 37-31 di babak pertama. Namun Kentucky berbalik unggul pada babak kedua dengan 47-39. Shockers tak pernah kalah dan ini adalah kekalahan pertamanya di musim ini.

Kunci kemenangan Kentucky adalah para pemain freshman (tahun pertama) mereka. Mereka mencetak 65 dari 78 angka Wildcats. Andrew Harrison tampil kesetanan bagi Wildcats. Meskipun cedera sikut, Harrison mencetak 20 angka dan memasukkan 6 dari 9 usaha tembakan. Harrison juga memasukkan 7 dari 9 free throw.

Size dari Kentucky juga dahsyat. Kentucky mendapatkan 32 rebound sementara Shockers hanya 23. Saudara kembar Andrew Harrison, Aaron Harrison menyumbangkan 19 angka.

Shockers punya peluang menang lewat tembakan Fred VanVleet. Namun tembakan Fred gagak menembus jaring Kentucky. Dengan kemenangan itu, Wildcats akan berjumpa Louisville di Indianapolis.

Keberhasilan Kentucky lolos ke Sweet 16 diikuti dua tim dari SEC lainnya yakni Florida Gators dan Tennessee. SEC tak memiliki setidaknya 3 tim di Sweet 16 sejak 2007.

Tahukah Anda?
Tak banyak tim kampus NCAA yang bisa tak terkalahkan di babak pertandingan di masing-masing conference. Sejak tahun 1979, hanya dua tim yang bisa mengalahkan regu tak terkalahkan yakni di tahun 1979 oleh Michigan State yang menang dari Indiana State, dengan hasil Spartans menjadi juara NCAA 1979. Tim kedua adalah Duke, pada tahun 1991 dengan mengalahkan UNLV dan akhirnya menjadi juara NCAA. Di tahun 2014 ini, Kentucky sukses mengalahkan Wichita State. Apakah prestasi Kentucky bisa menjadi juara seperti Duke dan Michigan State?

Tim Tak Terkalahkan Berhasil dikalahkan di Turnamen NCAA
Tahun     Pemenang     Unbeaten Team     Hasil
2014     Kentucky     Wichita State?
1991     Duke         UNLV         juara NCAA
1979     Michigan State     Indiana State     juara NCAA