Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rio Haryanto Optimistis Jalani Seri Pertama 2015

By Wisnu Nova Wistowo - Sabtu, 18 April 2015 | 04:54 WIB
Rio Haryanto saat menjalani sesi latihan bebas GP2 Series 2015 di Sakhir, Bahrain (Sam Bloxham/GP2 Series Media Service)

Usai menempati posisi keenam tercepat pada sesi latihan bebas, Rio Haryanto menjalani babak kualifikasi GP2 Series untuk menentukan urutan start feature race Sabtu (18/4) di Sirkuit Internasional Bahrain. Sesi kualifikasi dimulai, Jumat (17/4), dan berlangsung di bawah kilauan cahaya lampu sirkuit. Berbeda dengan sesi latihan bebas delapan jam sebelumnya, temperatur lintasan telah turun hingga lebih dari 20 derajat Celsius.

Perubahan tersebut sangat berpengaruh terhadap ban Pirelli yang dipakai semua kompetitor. Performa mobil pun tidak sama dengan sesi sebelumnya. Sekitar tiga detik dari catatan waktu siang dapat dipangkas pada malam harinya.

Di fase awal, Rio yang berlaga bersama tim Campos Racing dengan dukungan Pertamina sempat bertahan di posisi kedua. Tak lama kemudian, rekan setimnya Arthur Pic asal Perancis mengambil alih. Setelah mayoritas peserta menyelesaikan enam lap, mereka semua kembali ke pitlane. Memasang ban Pirelli berkompon lunak (soft) yang baru pun menjadi pilihan utama.

Sembilan menit tersisa sebelum sesi berakhir, para pembalap kembali turun ke lintasan dan berlomba memperebutkan lap time tercepat. Rio bertahan untuk beberapa saat lebih lama di pitlane supaya nantinya dapat mengitari sirkuit tanpa harus terhambat pembalap lain. Selain itu, Rio dan timnya mencoba setelan baru dengan mengubah pengaturan anti-roll bar.

Persaingan berlanjut dengan sangat ketat. Urutan pertama hingga 15 terpisahkan dengan jarak satu detik saja. Di ajang Formula 1, perbedaan tersebut hanya memisahkan posisi pertama hingga ketiga. Sayang, Rio harus puas bertengger di posisi ke-12 dengan catatan waktu 1:39,961 atau terpaut 0,724 detik dari Stoffel Vandoorne yang memimpin sesi kualifikasi.

"Dampak perbedaan suhu sesi latihan bebas dengan babak kualifikasi sangat terasa. Setelan mobil saya juga dimodifikasi setelah stint pertama dan ternyata perubahan tersebut sangat berefek negatif bagi kestabilan mobil di stint kedua. Saya akan memulai feature race dari posisi ke-12 tapi tetap optimistis menghadapi balapan pertama musim ini. Terima kasih atas semua dukungan yang terus mengalir dari Indonesia," kata Rio dalam rilis yang diterima Bolanews.

Balapan pertama GP2 Series 2015 akan digelar Sabtu (18/4) dan berjarak tempuh 32 lap (173.184 km) dengan batas waktu lomba satu jam.