Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rush Pencetak Gol Terbanyak di Derbi Merseyside

By Wisnu Nova Wistowo - Sabtu, 27 September 2014 | 07:54 WIB
Ian Rush (Getty Images)

Bentrok Liverpool kontra Everton adalah pertandingan derbi paling panas di Inggris. Mencetak gol di pertandingan derbi Merseyside merupakan sesuatu yang paling bergengsi bagi setiap pemain kedua kubu.

Derbi Merseyside edisi ke-223 akan bergulir di Anfield, Sabtu (27/9) malam WIB. Sejarah mencatat gol terbanyak yang sanggup menciptakan gol terbanyak dalam derbi Merseyside berasal dari Liverpool.

Ya, pemain itu adalah legenda Liverpool, Ian Rush, dengan torehan 25 gol. Selama berkarier di Anfield pada 1980-1996 Ian Rush mencetak 13 gol ke gawang Everton di Liga Inggris, Piala FA (5 gol), Piala Liga (1 gol), Sharity Shiel (1 gol), dan Screen Sport (5 gol).

Di urutan kedua dan ketiga dalam daftar pencetak gol terbanyak ditempati dua legenda Everton, yakni Dixie Dean dan Alex 'Sandy' Young. Dean mencetak 19 gol ke gawang Liverpool dengan rincian 18 gol di Liga Inggris dan 1 gol di Piala FA, sedangkan Sandy mencetak 12 gol dari Liga Inggris (9 gol), Piala FA (3 gol).

Steven Gerrard yang masih menempati posisi keempat berpeluang menambah pundi-pundi golnya ke gawang Everton. Sejauh ini Stevie G sudah mengoleksi 9 gol dari Premier League (8 gol) dan Piala FA (1 gol).