Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Perang Taktik Mantan Bomber Tajam di Kyiv

By Beri Bagja - Kamis, 16 April 2015 | 15:55 WIB
Serhiy Rebrov, pelatih muda berpotensi di Ukraina. (Gareth Copley/Getty Images Sport)

Fiorentina akan melakoni laga berat saat berkunjung ke markas Dynamo Kyiv pada perempat final I Liga Europa, Kamis (16/4).

Secara keseluruhan, Kyiv memiliki keunggulan jelas dalam segi penyerangan. Tim asuhan Serhiy Rebrov mencetak 22 gol menjelang duel pertama perempat final. Jumlah tersebut merupakan total gol terbanyak di antara peserta tersisa di fase delapan besar musim ini.

Sebagai bekas striker subur di Kyiv dan timnas Ukraina, Rebrov dipuji berhasil mempraktikkan ilmunya guna mendongkrak ketajaman tim. “Serhiy adalah pelatih muda dengan potensi yang besar. Semoga saya mengambil keputusan tepat dengan mengangkatnya musim panas lalu,” ucap Presiden Kyiv, Igor Surkis.

“Serhiy punya target menjuarai Liga Europa dan lolos ke Liga Champion,” kata Surkis soal eks tandem sehati Andriy Shevchenko di Kyiv itu.

Duel menjadi menarik karena Rebrov akan melakoni perang taktik dengan eks bomber tajam lain yang kini berdiri di balik kemudi Fiorentina, Vincenzo Montella. Rebrov dan Montella juga tergolong seangkatan dan berusia sama, yakni 40 tahun. Di Italia, Montella mendapat pujian karena menjadikan Fiorentina salah satu tim pemilik penampilan terbaik.

Di tangan eks bomber Roma itu, Si Ungu disulap menjadi tim yang amat fleksibel dalam segi taktik, penempatan posisi pemain, dan pemerataan ketajaman tim. “Saya dan Rebrov punya kesamaan. Kami telah memelajari dalam-dalam soal pertandingan tim-tim Ukraina,” ucap Montella.