Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kisah Angelo Peruzzi Semasa Bermain dan Melatih(1)

By Indra Citra Sena - Kamis, 16 April 2015 | 00:10 WIB
Angelo Peruzzi, kini merintis karier sebagai pelatih. (Claudio Villa/Getty Images)

Memiliki penjaga gawang lokal hebat seolah menjadi tradisi di Juventus. Deretan kiper legendaris tim nasional Italia yang pernah merengkuh kesuksesan di kancah internasional sebagian besar berasal dari skuat Si Nyonya Tua.

Salah satu nama kiper yang paling membekas di benak para Juventini alias pendukung setia Juventus adalah Angelo Peruzzi. Dia merupakan bagian penting dari kesuksesan klub merajai Italia dan Eropa pada era 1990-an.

Peruzzi mengawali karier profesional di AS Roma pada 1986 dan memperkuat klub asal ibu kota Italia itu selama empat musim. Pemilik julukan Tyson lantaran postur tubuhnya yang melebihi ideal tersebut juga sempat bergabung ke Hellas Verona selama semusim (1989-90).

Memasuki 1991/92, Peruzzi menerima pinangan Juventus dan menjelma sebagai kiper terbaik Italia medio 1990-an. Dia mencapai puncak prestasi saat mengantarkan Si Nyonya Tua merengkuh trofi Liga Champion 1995/96.

Di partai final, kesigapan Peruzzi mengawal gawang Juventus memaksa pertandingan mesti berlanjut ke babak adu penalti usai bermain imbang 1-1 melawan Ajax Amsterdam sepanjang 120 menit. Kehebatannya semakin terlihat di babak tos-tosan.

Dua pemain Ajax, Edgar Davids dan Sonny Silooy, harus tertunduk lesu karena eksekusinya dimentahkan oleh Peruzzi. Juventus pun keluar sebagai kampiun setelah empat eksekutornya berhasil menunaikan tugas dengan sempurna.

Berikutnya>>