Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Film Kisah Manny Pacquiao Diluncurkan Hari ini

By Suryo Wahono - Rabu, 15 April 2015 | 19:58 WIB
Manny Pacquiao, dari bocah yang hidup sederhana menjadi jawara tinju dunia. (Getty Images/Ilustrasi)

kanak petinju Filipina. Manny bakal menjalani pertarungan yang lama ditunggu-tunggu, yaitu melawan Floyd Mayweather Jr bulan depan.

"Kid Kulafu", judul film tersebut, adalah merek anggur botol yang dulunya biasa dikumpulkan Pacquiao saat masik kanak-kanak. Film ini menyajikan gambaran bagaimana seorang anak yang hidupnya sangat bersahaja memulai langkah pertama masuk ke dalam ring tinju, yang akhirnya membawa Manny menjadi legenda hidup di negaranya.

"Dia seperti kita semua," kata sutradara Paul Soriano dalam acara pemutaran perdana di Manila, Selasa malam. "Dia lahir tanpa punya apa-apa, karena Tuhan, karena kerja keras dan keyakinan, dia menjadi sesuatu."

Soriano mengatakan dirinya sampai menghabiskan riset selama dua tahun untuk pembuatan film ini, yang sebagian besar didasarkan pada percakapan dengan sang petinju juara dunia berumur 36 tahun itu.

"Semua orang bisa meniru gerakannya, tetapi Anda tak mudah menyalin keberaniannya," kata Buboy Villar, pemeran Pacquiao muda.

"Pacquiao selalu menghadapi orang-orang yang lebih besar, seperti yang Anda lihat, dia kurus saat masih kanak-kanak, jadi saya pikir semua pengalaman keras saat tumbuh membantunya menjadi kuat."

Film ini ditayangkan di bioskop-bioskop Filipina hari ini dan akan diputar di bioskop tertentu di AS dan Kanada mulai akhir bulan.