Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Macam Inikah Masa Depan Siaran Langsung Bola?

By Suryo Wahono - Kamis, 25 September 2014 | 22:15 WIB
Sejumlah sudut pengambilan gambar yang tidak biasa. (Youtube)

0 atas Feyenoord dalam sebuah pertandingan Eredivisie. Tidak ada yang luar biasa dari kejadian itu, terkecuali kamera yang digunakan untuk mendokumentasikan jalannya pertandingan.

Pertandingan tersebut direkam dengan kamera dengan teknologi baru yang terbilang revolusioner. Sistem kerja yang disebut movi itu, menurut laporan ad.nl, dikatakan berharga 20 ribu euro (lebih dari 300 juta rupiah).

Sistem ini memungkinkan operator kamera kejadian sembari berjalan maupun berlari tanpa kehilangan stabilitas gambar. Kuncinya ada pada sensor giroskop dan motor penjaga keseimbangan, yang mampu bekerja mengikuti pergerakan operator kamera walau bergerak sangat cepat.



Ben Earl, nama kameramen yang bertanggung jawab terhadap kamera anyar itu, kadang berjalan tapi juga harus berlari di antara pemain saat mereka masuk ke lapangan. Hasil bidikannya langsung diumpankan kepada pemirsa di seluruh dunia.

Akan tetapi, perangkat ini tidak digunakan untuk merekam jalannya pertandingan di tengah lapangan, tentu saja. Sebab, pemegang kamera harus bergerak bersama pemain dan wasit juga sepanjang pertandingan.