Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pemain Ini Punya Statistik Menonjol di Persipura

By Aning Jati - Kamis, 2 Oktober 2014 | 18:57 WIB
Ian Louis Kabes, gelandang dan penyerang sayap yang haus gol. (Herka Yanis Pangaribowo/Bolanews)

Di babak 8 besar, Persipura mengandalkan ketajaman penyerang lokal. Sejak putaran kedua penyisihan grup, tim juara bertahan ini memang tidak lagi memiliki striker asing karena memilih melepas Eddie Foday Boakay dan merekrut gelandang Robertino Pugliara.

Lini depan Persipura kini dihuni Boaz Solossa, Lukas Mandowen, Ferinando Pahabol, dan Titus Bonai. Pada fase 8 besar, mulai Sabtu (4/10), tim Mutiara Hitam tidak bisa diperkuat Lukas. Penyerang mungil itu sedang dalam masa pemulihan pasca operasi lutut medio September.

Namun, pelatih Jacksen F. Tiago tidak resah karena gelandang haus gol semacam Ian Louis Kabes tidak ketinggalan unjuk gigi dalam urusan mencetak gol.

Dalam skema 4-3-3 yang beberapa kali diterapkan Jacksen, Ian diplot sebagai penyerang sayap bersama Tibo mendampingi Boaz. Tidak heran, Ian mampu mencetak lima gol, hanya berselisih satu gol dari Boaz yang jadi topscorer sementara Persipura yang mengoleksi enam gol.

Gelandang berusia 28 tahun itu memang jadi andalan Persipura di sepanjang musim. Hal itu bisa dibuktikan dengan catatan statistik Ian yang menonjol. Kemungkinan besar Ian juga kembali jadi pilar saat Persipura menjamu Persela, Sabtu (4/10), di Stadion Mandala, Jayapura pada partai pertama babak 8 besar.

Berikut statistik Ian sepanjang penyisihan grup yang dikeluarkan Lab Bola:

Ian Louis Kabes
Starter: 18
Jumlah Gol: 5 (2 penalti, 3 open play)
Tembakan tepat sasaran: 2,00
Tembakan melenceng: 3,25
Tendangan diblok: 1,50
Akurasi tembakan: 29,63%
Operan sukses: 87,75
Akurasi operan: 78,35%
Umpan silang sukses: 2,75
Akurasi umpan silang: 27,50%
Sundulan: 4,00
Total KK: 2
Total KM: 0

*Ket: Aksi per pertandingan