Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Uji Kelayakan Pertama, Moyes Lolos

By Zulfirdaus Harahap - Kamis, 20 Maret 2014 | 05:39 WIB
David Moyes (John Peters/Getty Images)

Raut bahagia terpancar dari wajah manajer Manchester United, David Moyes usai mengantarkan timnya lolos ke babak perempatfinal Liga Champion. Namun, pria Skotlandia harus melalui dua uji kelayakan lagi yang diberikan manajemen klub guna mempertahankan jabatannya.

David Moyes bersama armadanya, Manchester United sukses membungkam sejumlah kritik tajam yang dialamatkan. Usai kalah 0-2 dari Olympiakos di leg pertama babak 16 besar Liga Champion, Setan Merah tampak superior saat membalikkan keadaan menjadi aggregate 3-2 di Old Trafford.

Untuk saat ini Moyes dan para bidak strateginya bisa bernafas lega usai menggunting rentetan hasil minor dalam beberapa pekan terakhir. Namun, nafas bahagia pria 50 tahun itu tertunda sejenak. Sebab, ia masih harus mengkuti dua uji kelayakan yang diberikan manajemen klub.

Sebelumnya, pihak klub merasa gerah atas pencapaian Moyes bersama United musim ini. Puncaknya adalah ketika dipecundangi 0-3 oleh Liverpool akhir pekan silam. Oleh karena itu, klub memberikan ultimatum tiga pertandingan kepada Moyes untuk membuktikan apakah ia masih layak duduk nyaman sebagai pelatih Setan Merah.

Usai Olympiakos, masih ada West Ham United dan Manchester City yang akan menjadi bahan ujian Moyes. Sebab, United belum juga beranjak dari urutan ketujuh klasemen sementara atau terpaut 18 poin dari Chelsea di puncak.

Seandainya bisa memenangkan dua pertandingan tersebut, bisa dipastikan United memiliki masa depan cerah di kompetisi domestik maupun Eropa, bersama Moyes sebagai menajer tentunya. Mampukah Moyes?