Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Zwanziger: Pada Akhirnya PD 2022 Batal di Qatar

By Wisnu Nova Wistowo - Selasa, 23 September 2014 | 05:16 WIB
Theo Zwanziger (Getty Images)

Anggota Komite Eksekutif (Exco) FIFA, Theo Zwanziger, merasa pada akhirnya Piala Dunia 2022 tidak akan berlangsung di Qatar. Hal itu terkait tingginya suhu udara di Qatar.

Qatar memang tengah berusaha mengupayakan segala cara agar Piala Dunia 2022 tetap berlangsung di negara Timur Tengah tersebut. Salah satu upayanya adalah menerapkan teknologi pendingin suhu ruangan di dalam setiap stadion.

Akan tetapi, Theo Zwanziger menegaskan Piala Dunia tidak hanya tentang pertandingan yang berlangsung di dalam stadion. Faktor fan-fan yang datang dari seluruh penjuru dunia juga perlu diperhitungkan. Karena bukan tidak mungkin terjadi masalah kesehatan massal apabila PD 2022 tetap berlangsung di Qatar karena tingginya temperatur udara.

"Saya merasa pada akhirnya Piala Dunia 2022 tidak akan berlangsung di Qatar. Kalangan medis tak bisa menjamin tidak adanya masalah kesehatan saat Piala Dunia digelar dengan kondisi temperatur seperti itu," kata Zwanziger.

"Qatar mungkin bisa mendinginkan stadion-stadion, namun Piala Dunia tidak hanya tentang pertandingan di lapangan. Fan dari seluruh penjuru dunia akan datang dan melakukan perjalanan dengan temperatur seperti itu bisa mengancam nyawa dan menimbulkan masalah bagi kami. Itu jelas sesuatu yang tidak ingin dijawab anggota Exco FIFA," ujar dia.