Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Baru 2 Pertandingan, Pelatih PSM Sudah Dievaluasi

By Aning Jati - Senin, 13 April 2015 | 20:59 WIB
Hans Peter Schaller diminta tidak antikritik. (Abdi Satria/Bolanews)

Kegagalan PSM menekuk Sriwijaya FC di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Sabtu (11/4) memantik reaksi petinggi PSM.

Direktur Teknik PSM, Sumirlan, mengungkapkan mendapat penugasan dari Dewan Komisaris untuk meminta penjelasan dari pelatih Hans Peter Schaller mengenai hasil itu.

Menurut Sumirlan, Schaller dinilai tidak jeli dan cepat mengambil keputusan terkait kondisi yang terjadi dalam pertandingan.

"Yang paling kasat mata saat dia melakukan dua pergantian sekaligus pada injury time. Pergantian itu mubazir karena kedudukan saat itu 3-3. Mengapa dia tidak melakukannya saat tim sudah unggul 3-2?" papar Sumirlan.

Di sisi lain, manajemen akan meminta Schaller lebih komunikatif dengan para asistennya dalam menilai situasi pertandingan. "Secara umum kami masih menilai positif kinerja Schaller. Tapi, lebih bagus lagi kalau dia mau sedikit terbuka dengan saran orang lain," jelas eks kapten PSM itu.

Sejak mengganti peran Alfred Riedl sebagai pelatih kepala PSM, kinerja Schaller terbilang menjanjikan. PSM selalu menang pada lima laga uji coba dan satu partai di QNB League. Tapi, hasil 3-3 dengan Sriwijaya di Stadion AMM jadi aib yang bisa membuat Schaller terpental dari Juku Eja.