Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kesempurnaan Surabaya Fever Tinggal Selangkah Lagi

By Eko Widodo - Minggu, 12 April 2015 | 06:52 WIB
Center Surabaya Fever Gabriel Sophia (kiri) berusaha melepaskan tembakan melewati hadangan Yuni Anggraeni dari Sahabat Wisma Sehati Semarang dalam laga di DBL Arena, Surabaya, Sabtu (11/4). (NBL Indonesia)

Tinggal selangkah lagi bagi Surabaya Fever untuk mencatatkan hasil sempurna pada regular season IndiHome Women's National Basketball League (WNBL) Indonesia 2014-2015. Sebab sejak seri pertama di Jakarta sampai pertandingan kedua mereka di Seri VI Surabaya, Fever masih belum terkalahkan. Terakhir, Fever memetik kemenangan atas Sahabat Wisma Sehati Semarang dengan skor 58-49 di DBL Arena, Sabtu (11/4).

Total kini Fever mencetak 14 kemenangan secara beruntun. Mereka tinggal memenangkan satu laga lagi yakni melawan Merah Putih Predators Jakarta untuk menyempurnakan prestasi gemilang di musim ini. Fever juga berpeluang mengulang sukses pada WNBL Indonesia Inaugural season 2012. Kala itu, Fever unbeatable mulai musim reguler hingga ke championship series dan menjadi juara.

Di kuarter pertama, Fever tertinggal dari Sahabat. Meski sempat unggul, pada akhirnya Sahabat bisa unggul tipis. Memanfaatkan assist Yuni Anggraeni, Nur Rahmawati mencetak 2-point jump shot. Di sisa 45 detik. Skor 14-12 menutup kuarter pertama untuk keunggulan Sahabat. Shinta Ayu Ramadhani menyumbangkan 5 poin di kuarter ini.

Memasuki kuarter kedua, poin Sahabat berhenti total. Mereka sama sekali tak mencetak poin di sepanjang kuarter ini. Sebaliknya Fever tampil dominan dengan mencetak 22 poin. Raisa Aribatul Hamidah melengkapi keunggulan Fever menjadi 20 poin (34-14) lewat 2-point jump shot. Skor ini bertahan hingga buzzer kuarter kedua berbunyi. Sebanyak 6 poin dicetak Gabriel Sophia untuk Fever.

Sahabat masih belum mampu bangkit hingga kuarter ketiga usai. Mereka justru semakin terbenam. Fever menambahkan 17 poin sedangkan Sahabat hanya mampu mencetak 8 poin saja. Jarak poin semakin melebar ketika Sherly Humardani mencetak 3-point jump shot. Fever meninggalkan Sahabat dengan margin 11 poin (42-31) saat kuarter ketiga ditutup.

Keunggulan tak membuat Fever bisa bersantai. Sebab di kuarter keempat permainan Sahabat juga mulai membaik. Terbukti mereka memberikan perlawanan sengit. Di sisa 11 detik, Rohtriastari mencetak 3-point jump shot. Namun sayangnya poin itu tak mampu menyelamatkan Sahabat dari kekalahan. Sebab saat buzzer berbunyi, Fever tetap mampu menjaga keunggulan 9 poin (58-49).

Bintang kemenangan Fever kali ini adalah Gabriel Sophia. Tampil dengan minute play 26 menit dan 57 detik, center kelahiran Kendari itu mencetak double-double setelah mengemas 24 poin ditambah 12 rebound. Ini merupakan catatan double-double ke-22 Gabriel Sophia sepanjang karirnya di WNBL Indonesia.

“Awal pertandingan anak-anak terlalu meremehkan lawan sehingga lawan bisa unggul.Tapi performa kami kembali setelah kuarter kedua. Akhinya kami bisa menang di laga ini,” kata pelatih Fever, Wellyanto Pribadi.