Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kans Merah Putih Predators Ke Play-Off Makin Lebar

By Eko Widodo - Sabtu, 11 April 2015 | 07:36 WIB
Small forward Merah Putih Predators Jakarta Yuningsih (kanan) berusaha melepaskan tembakan dihadang Jesslyn Tedja dari Rajawali Bandung dalam laga di DBL Arena, Surabaya, Jumat (10/4). (NBL Indonesia)

Kans Merah Putih Predators Jakarta menuju championship series IndiHome Women’s National Basketball League (WNBL) Indonesia 2014-2015 semakin terbuka lebar. Menyusul kemenangan atas Rajawali Bandung 81-49 pada lanjutan Seri VI Surabaya di DBL Arena, Jumat (10/4).

Berbekal 5 kemenangan dan 9 kali kalah dari 14 pertandingan, Ajeng Tranityatantri dkk mengoleksi 19 poin. Sementara itu, pesaing terdekatnya Sritex Dragons Solo saat ini berada dibawahnya dengan 17 poin. Ditambah lagi, Merah Putih Predators punya keunggulan head-to-head (2-1) atas Sritex Dragons.

Namun, Merah Putih Predators masih belum tenang, mengingat Sritex Dragons punya keuntungan jumlah laga tersisa yang lebih banyak. Meski begitu, kepastian melaju ke babak play-offbisa dipercepat bila Sritex Dragons kalah di pertandingan berikutnya melawan Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta. Pasalnya, jika Merah Putih Predators kalah di pertandingan selanjutnya, mereka tetap unggul poin dari Sritex Dragons.

Merah Putih Predators yang menginginkan kemenangan di laga ini langsung melesat. Three point play Hanum Fasya melengkapi keunggulan menjadi 6-0. Sedangkan Mey Putri Diana mencetak 2-point jump shot yang menutup kuarter pertama untuk keunggulan Merah Putih Predators dengan skor 21-8.

Memasuki kuarter kedua, Merah Putih Predators semakin tak terbendung. Lewat 3-point jump shot Helena Maria Elizabeth Tumbelaka, skor terpaut 24 poin (42-18). Keunggulan ini bisa dipertahankan Merah Putih Predators hingga kuarter kedua ditutup. Di kuarter ini, sebanyak 7 poin disumbangkan Helena Maria Elizabeth Tumbelaka.

Selepas jeda, jarak poin kembali melebar. Sesaat sebelum buzzer kuarter ketiga berbunyi, dua kali free throw Yuningsih menciptakan margin 32 poin (62-30). Merah Putih Predators masih memimpin hingga kuarter ketiga ditutup. Kali ini giliran Mey Putri Diana yang menyumbangkan 6 poin.

Di kuarter pamungkas, Rajawali semakin terbenam. Merah Putih Predators seakan tak membiarkan lawannya mencetak poin lebih banyak lagi. Lewat 2-point jump shot Yuningsih, Merah Putih Predators dipastikan menang dengan jarak 32 poin (81-49).

Bintang kemenangan Merah Putih Predators kali ini adalah Yuningsih.Small forward yang juga pemain rookie itu mencetak double-double lewat kombinasi 17 rebound dan 10 poin dengan minute play 12 menit 25 detik. Selain itu, double digit point juga dicetak oleh Helena Maria Elizabeth Tumbelaka dengan 12 poin dan 5 rebound, serta Mey Putri Diana (10 poin, 5 assist).

“Kans kita ke championship series sudah 80 persen untuk saat ini. Kami cukup gembira dengan hasil ini,” kata head-coach Merah Putih Predators, Jacky Ignatius Hatta. “Pada pertandingan ini, pemain lapis kedua kami menunjukkan perkembangan yang cukup baik,” tambahnya.