Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mancini: Absen di Eropa Bukan Bencana Bagi Inter

By Suryo Wahono - Sabtu, 11 April 2015 | 00:57 WIB
Roberto Mancini, ingin membangun kekuatan baru untukmusim depan. (Getty Images)

Roberto Mancini tidak ingin menyerah. Namun, dia mengakui Inter Milan harus siap absen di kompetisi Eropa musim depan, bila hal ti bisa membantu klub raksasa Serie A tersebut membangun kekuatan lagi untuk menjadi juara.

Mancini kembali lagi ke Inter pada November lalu, namun transformasi yang dia lakukan untuk membangkitkan timnya meraih titel Serie A lagi tampaknya masih dalam proses yang agak panjang.

Inter saat ini baru mampu menduduki peringkat ke-10, terpaut 32 poin dari Juventus di puncak klasemen, 17 poin di bawah Lazio, yang berada di tempat ketiga dan posisi terakhir untuk tiket Liga Champion. Mereka juga masih terpaut 10 poin dari peringkat terakhir untuk lolos Liga Europa, peringkat kelima yang dihuni oleh Fiorentina.

Mengingat hanya ada sembilan pertandingan tersisa, peluang untuk tampil di kompetisi Eropa musim bagi Inter kian menipis.

Sebuah laporan media Italia yang dilansir AFP menyebutkan bahwa Mancini menarget beberapa pemain baru untuk persiapan musim depan, termasuk Yaya Toure, Filipe Luis, Pedro, Paulo Dybala, serta Lucas Leiva.

Akan tetapi, Mancini masih harus menunggu apakah dia diberi lampu hijau untuk mengejar para pemain tersebut. Mancini sendiri mengklaim telah mendapat dukungan dari Erick Thohir untuk membangun kembali kekuatan untuk kembali menjadi klub elit Eropa.

"Saya berada dalam sebuah klub besar dan kembali (ke Inter) karena saya percaya kami bisa naik ke puncak lagi," katanya seperti dikutip AFP.

"Inter masih tetap Inter. Tidak bermain di Eropa untuk semusim bukan bencana, itu berarti kita harus bekerja keras untuk membangun sebuah tim yang lebih kuat."

Meski rival sekotanya juga lesu, AC Milan di tangan Filippo Inzaghi masih unggul tiga poin dari Inter di posisi kedelapan. Akhir pekan ini Milan bakal menjamu Sampdoria dan berpeluang memenangi partai liga ketiga secara berturut-turut untuk pertama kalinya musim ini.

Sementara itu, Inter bakal bertandang ke Verona ingin mengakhiri krisis lima pertandingan tanpa kemenangan. Hasil positif di laga ini juga menjadi prasyarat untuk memupuk kepercayaan diri sebelum menghadai Derbi Milan di pekan berikutnya.

Mancini yakin timnya masih mampu memperbaiki posisi, tetapi Inter tak boleh menyerah dan harus bekerja lebih keras ketimbang lawan-lawan mereka jika ingin bangkit dari kemerosotan saat ini.

"Saya sedikit lebih keras kepada mereka (para pemain) pekan ini untuk membuat mereka mengerti, yaitu bahwa seringkali Anda harus berusaha lebih keras dari lawan jika ingin mendapat hasil."

"Menjadi Inter saja tidak cukup untuk memenangi pertandingan. Kami perlu beberapa kemenangan dari sembilan pertandingan berikutnya demi memperbaiki posisi untuk musim depan."