Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Uji Coba Korsel Vs Arsenal

By Caesar Sardi - Senin, 17 Maret 2014 | 21:00 WIB
Tim Nasional Korea Selatan. (Dok. Mingguan BOLA)

Sebuah pertandingan besar, yang mempertemukan dua tim dari benua berbeda, akan berlangsung di Singapura, 9 Mei mendatang.

Kedua tim itu adalah Korea Selatan, yang tengah mempersiapkan dirinya ke putaran-final Piala Dunia 90 di Italia, dan Arsenal, klub kenamaan, juara liga Inggris 1989.

Pertarungan Korsel-Arsenal ini akan berlangsung berkat kerjasama FAS (Persatuan Sepakbola Singapura) dengan perusahaan minyak Caltex untuk memeriahkan 25 tahun berdirinya Singapura.

Menurut The Straits Times, biaya yang dikeluarkan oleh Caltex untuk itu diperkirakan 1 juta dolar Singapura, berarti sekitar Rp 1 milyar.

Biaya sebesar itu antara lain untuk membayar Arsenal 200.000 pound (sekitar 600.000 dolar Singapura).

Tidak disebutkan berapa besar Korsel dibayar. Tapi dikatakan bahwa pemenang pertandingan itu akan memperoleh hadiah uang kontan sebesar 25.000 dolar Singapura.

Bagi Korsel pertandingan ini merupakan salah satu uji coba terakhirnya sebelum bertolak ke Italia. Sedangkan bagi Arsenal justru sebaliknya, sebagai hiburan setelah menyelesaikan tugasnya dalam kompetisi Liga Ingris.

Menurut Times, Arsenal berjanji untuk mengirimkan semua pemain terbaiknya termasuk tiga yang masuk dalam daftar nominasi Inggris ke Piala Dunia 90, yaitu David Rocastle, Tony Adams, dan Michael Thomas.

(Penulis: Sumohadi Marsis, Mingguan BOLA Edisi No. 319, Minggu Pertama April 1990)