Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas Senior: Mungkin Tanpa Arema dan Persipura

By Editor Eko Widodo - Senin, 17 Maret 2014 | 15:45 WIB
Ilustrasi latihan timnas senior. (Herka Yaris Pangaribowo)

Tim Garuda dijadwalkan akan bertolak ke Spanyol pada 22 Maret. Sebelum berangkat, mereka akan berkumpul di Jakarta untuk menjalani latihan pada 19 Maret. Timnas akan kembali ke Tanah Air pada 3 April.

Kemungkinan besar Alfred tidak akan memboyong pemain-pemain asal Arema Cronus serta Persipura ke Spanyol. Kedua tim itu tengah fokus menjalani Piala AFC dan mereka telah meminta dispensasi ke PSSI.

Bagi Alfred, hal tersebut tidak menjadi sebuah masalah mengingat pelatnas di Spanyol merupakan bagian panjang dari persiapan menghadapi Piala AFF. Pada kesempatan pelatnas berikutnya, pelatih asal Austria itu bisa melibatkan pemain asal kedua klub.
 
Di sepanjang masa persiapan, Alfred menginginkan sebanyak mungkin pertandingan uji coba internasional bermutu. Hal itu diperlukan mengingat ia tak memiliki waktu panjang untuk menggelar pelatnas.
“Saya ingin persiapan yang efektif,” ucapnya.

Keinginan sang nakhoda direspons PSSI. Sepanjang 2014, federasi telah menyiapkan sekitar 10-12 uji coba buat Tim Garuda.

“Berbeda dengan tahun lalu ketika timnas banyak bertanding menghadapi klub, tahun ini timnas akan lebih sering menjajal sesama negara,” kata Joko.

PSSI tak ingin pertandingan internasional yang digelar hanya buat kepentingan selebrasi. Timnas disebut harus mendapat benefit nyata.

Sumber: Harian BOLA; Penulis: Ario Yosia