Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Barcelona vs Osasuna 7-0: Hanya Sekali Terkejut

By Editor Eko Widodo - Senin, 17 Maret 2014 | 14:12 WIB
Pedro (kiri) menyumbangkan satu gol. (Getty Images)

Gerardo “Tata” Martino harus melakukan beberapa penyesuaian pada komposisi starting XI saat Barcelona menjamu Osasuna di Camp Nou, Ahad (16/3). Gerard Pique dan Carles Puyol harus absen dari tim inti akibat terlilit cedera, sedangkan Ibrahim Afellay dan Sergi Roberto tak dipilih masuk skuat lantaran keputusan strategis sang pelatih.

Secara otomatis, Tata terpaksa menduetkan Javier Mascherano dengan Marc Bartra di jantung pertahanan Blaugrana. Meski Mascherano telah merumput di posisi starter dalam 17 kesempatan dan Bartra mentas bersama tim inti dalam 11 partai, baru kali ini keduanya melakoni sepak mula secara bersama-sama.

Namun, bukan baru sekali Barca harus menurunkan duet lapis kedua. Cedera kambuhan yang menimpa para bek tengah membuat pelatih kerap melahirkan sosok-sosok baru di posisi ini. Defisit di wilayah penting ini bisa tertutup lantaran Barca mengakalinya lewat kendali penuh permainan sehingga lawan tak mendapat kesempatan melakukan serangan.

Skenario persis seperti inilah yang tersaji di Camp Nou. Barca langsung mene­kan pedal gas dalam-dalam sejak menit pembuka. Meman­faatkan kecepatan lari Alexis Sanchez dan Pedro Rodriguez, Tata meng­instruksikan pasukannya untuk lebih sering melepas bola panjang ke arah kedua pemain ini.

Barca sempat dikejutkan oleh sepakan keras Oriol Riera di awal-awal laga. Bola hasil tendangan mendatar bomber Osasuna ini bahkan sempat diteruskan Armanteros ke dalam gawang Victor Valdes. Akan tetapi, wasit Texeira Vitienes lebih dulu meniupkan peluitnya karena eks sayap Sevilla itu berdiri dalam posisi off-side saat menyambar bola tepisan Valdes.

Ternyata cuma itu kesempatan berarti yang diberikan Barca buat sang tamu, yang menahan mereka kacamata di pertemuan pertama. Setelah itu, Lionel Messi dkk. seperti ogah memberi kans bagi Los Rojillos untuk kembali ke dalam permainan. Sejak terusik shot on target Riera tersebut, Barca tak berhenti menghujani pertahanan Osasuna dengan peluang-peluang emas.

Sumber: Harian BOLA; Penulis: Sapto Haryo Rajasa