Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bobotoh Sambut Kehadiran Bonek

By Fifi Nofita - Sabtu, 7 Januari 2017 | 14:14 WIB
Anggota Viking Persib Club berkumpul di sekretariat mereka yang ada di Jalan Gurame no 2B, Kota Bandung, sebelum ziarah ke makam Ayi Beutik. (FIFI NOFITA/JUARA.NET)

Viking Persib Club (VPC) menyambut baik kehadiran Bonek di Kota Bandung yang akan mengawal Kongres Tahunan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang akan berlangsung di Hotel Aryaduta, Minggu (8/1/2017).

Menurut pentolan Viking, Mulyana, hubungan baik Bobotoh dan Bonek sudah terjalin cukup lama, sehingga tak sedikit Bobotoh yang ikut menampung supporter Persebaya Surabaya di kediamannya.

"Kalau Viking pastinya banyak yang membantu teman-teman Bonek. Bobotoh yang punya kenalan Bonek pasti akan menampung tamu dari Surabaya itu di rumahnya. Kaya Bonek Kampus dengan Viking Kampus," kata Yana Umar, sapaan akrab Mulayana, Jumat (6/1/2017).

Dirigen Viking ini menambahkan bahwa selama di Bandung mayoritas Bonek akan ditampung di Gor Pajajaran, Jalan Pajajaran. Hingga saat ini menurutnya sudah ratusan Bonek yang berada di Gor yang terletak di tengah Kota Bandung tersebut.

Jumlah Bonek yang datang ke Bandung akan terus bertambah karena masih banyak rombongan Bonek dalam perjalanan menuju Kota Kembang dengan menggunakan bus dan kereta api.

"Kemudian untuk Bonek yang lainnya kita satukan di satu titik kumpul yakni di GOR Pajajaran, untuk tempat mereka istirahat," tambahnya.

Pentolan Viking lainnya Dadan Gareng menuturkan, terus berkoordinasi dengan Bonek dan pihak terkait, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Karena ini (Bandung) adalah rumah kedua bagi Bonek, jadi jaga keamanan dan kondusifitas saja. Jangan sampai pakai baju rival kita. Bukan berarti tidak boleh pakai baju oren, karena oren juga kan ada saudara kita Sakeramania (Supporter Persekabpas Pasuruan)," harap Dadan Gareng.

[video]https://video.kompas.com/e/5273665504001_v1_pjuara[/video]