Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Menang Laga Debut Premier League, Manajer Swansea Terkejut

By Septian Tambunan - Senin, 25 Januari 2016 | 06:21 WIB
Manajer Swansea City, Francesco Guidolin (kanan), memberi instruksi kepada anak asuhnya dalam pertandingan Premier League kontra Everton di Stadion Goodison Park, Liverpool, Inggris, 24 Januari 2016. (CLIVE BRUNSKILL/GETTY IMAGES)

Manajer baru Swansea City, Francesco Guidolin, mengaku terkejut berhasil memenangi laga debut Premier League saat membawa timnya membungkam Everton 2-1 di Stadion Goodison Park pada Minggu (25/1/2016).

Pasukan Guidolin langsung unggul 1-0 pada menit ke-17 melalui eksekusi penalti dari Gylfi Sigurdsson.

Everton sempat menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri Jack Cork (26'), sebelum Andre Ayew (34') mengunci kemenangan Swansea lewat torehan golnya.

"Pada saat ini saya sangat senang. Ini adalah pertandingan pertama di Liga Inggris untuk saya. Saya bermimpi bekerja di Premier League, tetapi saya tidak bermimpi memenangi pertandingan pertama," ujar Guidolin kepada BBC.

"Saya terkejut. Ini adalah hal yang baru bagi saya," ucap mantan pelatih Udinese itu.

Di kubu lawan, juru taktik Everton, Roberto Martinez, menilai timnya telat panas.

"Kami bermain dengan sangat lambat. Performa kami pada babak pertama dan kedua sangat kontras," kata pria berpaspor Spanyol itu.

"Kami menciptakan cukup peluang untuk memenangi pertandingan," tuturnya.

Dengan hasil ini, Swansea merangkak naik ke posisi 15 klasemen dengan koleksi 25 poin. Di sisi lain, Everton turun ke peringkat 12 lewat raihan 29 angka.