Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mascherano Divonis Setahun Hukuman Penjara atas Kasus Pajak

By Suryo Wahono - Jumat, 22 Januari 2016 | 04:59 WIB
Bek Barcelona, Javier Mascherano, berjalan bersama tim medis Barca setelah ia ditarik keluar pada laga kontra Real Madrid di Santiago Bernabeu, Sabtu (21/11/2015). (DENIS DOYLE/GETTY IMAGES)

Barcelona kembali dirundung masalah di luar lapangan. Selain kasus transfer Neymar Jr dan kasus pajak Lionel Messi, Javier Mascherano baru-baru ini telah divonis satu tahun penjara.

Akan tetapi, hukuman kurungan kemungkinan besar tak akan dia jalani. Kasus yang dialami Mascherano adalah soal penghindaran pajak. Dalam dua kesempatan beberapa tahun lalu, bek asal Argentina itu pernah didenda 815.000 pound dan setahun hukuman penjara dalam kasus fiskal pada 2011 dan 2012.

Ketika itu dia juga tidak menjalani masa hukuman di dalam tahanan. Mascherano mengaku bersalah lalu membayar ganti rugi plus denda.

Dalam kasus kali ini kemungkinannya juga tak jauh berbeda. Pengadilan telah menerima permintaan penggantian hukuman dari Mascherano dan David Aineto, pengacara pribadinya, supaya diganti juga dengan hukuman denda.

Bek andalan Barcelona tersebut tetap bersikeras dirinya tak bersalah. Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Kamis (21/1/2016) waktu setempat, Mascherano mengatakan, "Saya adalah seorang (pesepak bola) profesional dan tidak tahu banyak tentang masalah legal dan finansial. Maka dari itu, saya harus memercayakan orang lain untuk mengelolanya."

Dia juga mengaku bahwa sepanjang kariernya sebagai pemain, bek berumur 31 tahun ini selalu jujur dan bertanggung jawab.

Sementara itu, kasus penggelapan pajak yang hadapi Lionel Messi masih berjalan. Jadwal pengadilan di Barcelona dijadwalkan mulai 31 Mei sampai 3 Juni 2016.