Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Van Gaal Ulang Memori Kelam Man United Era Moyes

By Ade Jayadireja - Kamis, 21 Januari 2016 | 07:11 WIB
Manajer Manchester United, Louis van Gaal, saat memimpin timnya menghadapi Swansea City dalam lanjutan Premier League 2015-2016 di Old Trafford, manchester, Inggris, pada 2 Januari 2016. (ALEX LIVESEY/GETTY IMAGES)

Louis van Gaal ternyata tidak lebih baik daripada David Moyes saat masih berstatus sebagai manajer Manchester United

Manchester United mengalami kesulitan dalam bersaing memperebutkan mahkota juara Premier League 2015-2016. Kompetisi sudah melewati setengah perjalanan, mereka masih tertahan di peringkat ke-5 klasemen.

Di bawah arahan Louis van Gaal, United mencatatkan 10 kemenangan, 7 kali seri, dan 5 kekalahan dalam 22 pertandingan liga. Wayne Rooney dkk kini mengumpulkan 37 poin.

Man United mengulangi catatan dua musim lalu. Pada musim 2013-2014, Setan Merah juga mengoleksi poin serupa dalam jumlah pertandingan yang sama.

Saat itu, kursi pelatih United masih diduduki David Moyes. Man United meraih 37 poin usai mencatatkan 11 kemenangan, 4 seri, dan 7 kekalahan.

Bedanya, ketika itu United terdampar di peringkat ke-7 klasemen. Rentetan hasil buruk di liga berujung pada pemecatan Moyes.

Baca juga: Van Gaal Siap Tinggalkan Man United pada Akhir Musim?

Apakah Van Gaal akan senasib dengan Moyes? Tak menutup kemungkinan pria asal Belanda itu juga bakal menerima surat PHK dari United.

Van Gaal terus dibanjiri kritik sejak mengambil alih posisi Moyes sebagai pelatih. Permainan United versi LvG dianggap membosankan.

Ketika bermain di kandang Liverpool pada Minggu (17/1/2016), United hanya membuat satu shot on target dari 7 kali upaya. Setidaknya, satu-satunya tembakan tepat sasaran tersebut langsung menghasilkan gol.