Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Terry Tebus Kesalahan dengan Cetak Gol Penyelamat Chelsea dari Kekalahan

By Wisnu Nova Wistowo - Minggu, 17 Januari 2016 | 00:19 WIB
Gelandang Chelsea, Cesc Fabregas, melepaskan tembakan dan berujung gol kedua bagi The Blues di pertandingan melawan Everton, Sabtu (16/1/2016). (CLIVE ROSE/GETTY IMAGES)

Sempat melakukan gol bunuh diri, John Terry menebusnya dengan mencetak gol yang menyelamatkan Chelsea dari kekalahan melawan Everton di Stamford Bridge, Sabtu (16/1/2016) malam WIB. Kedua tim harus puas dengan skor akhir 3-3 dan berbagi satu poin pada lanjutan Premier League.

Bermain dengan dukungan penuh suporter tuan rumah tak membuat Chelsea sanggup mendominasi penuh jalannya pertandingan. Everton mampu memberikan perlawanan dan mengimbangi permainan pasukan Guus Hiddink.

Dalam partai ini Chelsea tidak bisa diperkuat salah satu pemain kunci Eden Hazard karena masalah cedera. Sementara itu, Romelu Lukaku sudah dapat kembali tampil setelah sempat diganggu cedera pada laga sebelumnya melawan Manchester City.

Baca juga: Diwarnai Dua Gol Bunuh Diri, Atalanta Vs Inter Imbang

Meski tercipta total enam gol pada pertandingan ini, namun tidak satu pun tercipta pada babak pertama. Selama 45 menit pertama laga berlangsung cukup alot dan tidak banyak peluang didapat kedua kesebelasan.

Namun, gol bunuh diri John Terry pada awal babak kedua menjadi permulaan balas membalas gol Chelsea dan Everton.

Terry gagal melakukan sapu bersih umpan silang yang dilepaskan Leighton Baines. Kesalahannya dalam melakukan antisipasi membuat Everton unggul 1-0 pada menit ke-50.

Pada menit ke-56 Kevin Mirallas menggandakan keunggulan Everton menjadi 2-0 memanfaatkan umpan silang Baines dengan melepaskan tembakan kaki kiri.

The Blues menolak menyerah, dua kali kebobolan justru membuat Chelsea semakin gencar menyerang.

[video]https://video.kompas.com/e/4708417769001_ackom_pballball[/video]

Baca juga: 9 Pemain Antar Semen Padang Lolos ke Final

Pada menit ke-64 berawal dari umpan panjang Cesc Fabregas, Diego Costa berhasil memanfaatkan kesalahan antisipasi Phil Jagielka dan Tim Howard. Ia pun dengan mudah dan tanpa hadangan menceploskan bola ke gawang Everton.

Pada menit ke-66 Chelsea berhasil membuat kedudukan kembali imbang dengan skor 2-2. Kali ini giliran Fabregas yang mencetak gol usai menerima umpan dari Costa. Tendangan Fabregas menjadi gol setelah bola berbelok arah karena mengenai badan John Stones.

Pertandingan tampak akan diakhiri dengan skor imbang 2-2 karena sampai laga menyentuh menit akhir waktu normal tetap tak ada gol lagi yang tercipta.

Namun, tepat menit ke-90 Ramiro Funes Mori membuat pendukung Everton bersorak. Ia berhasil mencetak gol memanfaatkan umpan silang yang berawal dari sepak pojok.

Pertandingan ternyata belum berakhir. Pada waktu tambahan 10 menit, Chelsea masih sanggup kembali mencetak gol yang dicetak John Terry memaksimalkan umpan sundulan Willian. Pertandingan pun diakhiri dengan skor imbang 3-3.

Susunan pemain:

Chelsea: 13-Thibaut Courtois, 2-Branislav Ivanovic, 5-Kurt Zouma, 26-John Terry, 28-César Azpilicueta, 4-Cesc Fàbregas, 12-John Obi Mikel, 17-Pedro (16-Kenedy 66'), 21-Nemanja Matic (8-Oscar 55'), 22-Willian, 19-Diego Costa (18-Loic Remy 80').

Everton: 24-Tim Howard, 3-Leighton Baines, 5-John Stones, 6-Phil Jagielka, 8-Bryan Oviedo (25-Ramiro Funes Mori 71'), 17-Muhamed Besic, 18-Gareth Barry, 20-Ross Barkley (10-Steven Pienaar 81'), 10-Romelu Lukaku, 11-Kevin Mirallas, 12-Aaron Lennon (19-Gerard Deulofeu 80').