Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dua Tahun Penyembuhan, Ini Perubahan Kondisi M Nasuha

By Persiana Galih - Jumat, 15 Januari 2016 | 05:42 WIB
Mohammad Nasuha (FERNANDO RANDY/JUARA.net)

JAKARTA, JUARA.net – Eks pemain Persib Bandung dan Cilegon United, Mohammad Nasuha, mengaku segera sembuh dari cedera selama dua tahun yang dialaminya sejak 2014. Kini ia tinggal menunggu waktu untuk dapat kembali bermain.

"Mungkin sekitar dua bulan lagi menuju sembuh total. Sekarang tinggal 10 persen lagi dari total program penyembuhan," kata bintang Timnas Indonesia 2010 itu.

Saat ini, ia tinggal fokus melakukan penyembuhan otot. Sebab, berbagai kendala kesehatan fisik pasca-cedera lutut yang dialaminya kini dapat berfungsi seperti semula.

"Tinggal mengejar kembalinya kekuatan otot. Bisa jadi penyembuhan ini agak sulit, karena sudah lama vakum bermain bola. Saat ini nyerinya masih terasa," tutur Nasuha.

Tak hanya itu, ia pun belum dapat percaya diri untuk bermain di lapangan. Lamanya vakum dan membekasnya peristiwa cedera yang dialami membuat mental bertandingnya turun drastis. Meski demikian, ia yakin trauma yang dialaminya akan berangsur sembuh.

Saat ini, belum ada klub yang akan memberi kursi untuknya. “Saya tidak memikirkan klub mana yang akan saya masuki selanjutnya. Yang penting saya sembuh dulu, dan bisa kembali bermain sepak bola,” ujar Nasuha.

Ia mesti beberapa kali menepi dari lapangan karena cedera yang dialaminya. Pada 2011, saat masih berkostum biru Persib Bandung, ia mengalami cedera tulang rawan lutut kiri.

Setelah itu, meniscus lututnya pun sempat dioperasi. Terakhir pada 2014, Nasuha kembali mengalami cedera saat membela Cilegon United, di kompetisi Divisi Satu, dan harus melalui operasi rekonstruks Anterior Cruciate Ligament (ACL).