Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sejarah 14 Januari, Hari Lahir Victor Valdes

By Theresia Simanjuntak - Kamis, 14 Januari 2016 | 20:05 WIB
Kiper Victor Valdes beraksi memperkuat Manchester United melawan Hull City di KC Stadium (24/5/15). (NIGEL RODDIS/GETTY IMAGES)

Tepat pada 14 Januari 1982, kiper Victor Valdes lahir di L'Hospitalet de Llobregat, Spanyol.

Valdes menghabiskan lebih dari separuh kariernya bersama raksasa La Liga, Barcelona. Memulai dari tim junior, Valdes tembus skuat utama El Barca pada 2002.

Dia memperkuat tim senior selama 12 tahun sebelum meninggalkan Camp Nou pada pertengahan 2014.

Di Barcelona, Valdes merengkuh 21 gelar dari dalam maupun luar negeri. Gelar tersebut terdiri dari enam titel La Liga, dua trofi Copa del Rey, enam medali Piala Super Spanyol, tiga gelar Liga Champion, dua trofi Piala Super Eropa, dan dua gelar Piala Dunia Antarklub.

Pada Januari 2015, Valdes dikontrak klub Inggris, Manchester United, secara gratis mengingat ia berstatus bebas transfer. Dia direkrut setelah sejak Oktober 2014 berada di klub itu guna memulihkan diri dari cedera lutut.

Valdes melakoni debutnya di tim utama United pada 17 Mei dalam laga imbang 1-1 kontra Arsenal di Old Trafford.

Sayang baginya, karier di Old Trafford dimatikan oleh Manajer United yang menggaetnya, Louis van Gaal. Pada Juli 2015, Van Gaal mengumumkan Valdes akan dijual gara-gara menolak bermain bagi tim reserve.

Namun, sang kiper malah tidak dilepas pada bursa transfer musim panas 2015. Nasib Valdes kian terkatung-katung lantaran ia tidak mendapatkan nomor punggung untuk musim 2015-2016.