Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Vieira: Mourinho adalah Pelatih Terbaik, bukan Wenger

By Verdi Hendrawan - Sabtu, 23 Januari 2016 | 17:38 WIB
Patrick Vieira saat masih menangani tim junior Manchester City menghadapi Schalke dalam laga babak 16 besar UEFA Youth League di City Football Academy, Manchester, Inggris, pada 24 Februari 2015. (JAN KRUGER/GETTY IMAGES)

Pelatih New York City FC, Patrick Vieira, menghabiskan lebih banyak kariernya sebagai pemain bersama Arsenal. Namun, pria berusia 39 tahun itu justru menyebut Jose Mourinho sebagai pelatih terbaik yang pernah ia miliki.

Vieira pernah ditangani langsung oleh Mourinho selama 1,5 tahun di Inter Milan. Meski kebersamaan mereka terbilang singkat, tetapi hal itu sudah cukup untuk membuat pria Prancis berdarah Senegal tersebut melihat kualitas besar Mourinho sebagai pelatih.

Vieira yang kini melanjutkan karier sebagai pelatih, mengaku lebih banyak mencontoh apa yang dilakukan Mourinho ketimbang dari Arsene Wenger. Cara melatih kedua manajer tersebut dipandang Vieira sangat berbeda.

"Jose. Dia adalah manajer yang memiliki pengaruh lebih banyak pada diri saya. Arsene lebih terkonsentrasi kepada timnya sendiri. Ia juga terlalu memberikan kebebasan kepada pemain untuk mengekspresikan diri yang tidak sama dengan gaya saya," kata Vieira dikutip dari Football Italia.

"Mourinho adalah orang yang paling membuat saya terkesan dalam hal etos kerja. Dia tahu segala sesuatu tentang kekuatan dan kelemahan tim lawan. Rincian yang diberikan juga sangat luar biasa dan membuat semua menjadi jelas tentang apa yang ia inginkan dari masing-masing pemain," sebutnya.

Vieira juga ikut berkomentar tentang keterpurukan Chelsea pada musim 2015-2016, yang telah membuat Mourinho kehilangan pekerjannya.

"Saya tidak tahu apa yang telah terjadi di Chelsea, tetapi dia selalu mendapatkan segala yang terbaik dari pemainnya," ucap Vieira.

[video]https://video.kompas.com/e/4708145568001_ackom_pballball[/video]