Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Van Gaal: Suporter Pantas Mencemooh Saya

By Septian Tambunan - Minggu, 24 Januari 2016 | 06:06 WIB
Manajer Manchester United, Louis van Gaal, meninggalkan lapangan dalam pertandingan Premier League kontra Southampton di Old Trafford, Manchester, Inggris, 23 Januari 2016. (CLIVE BRUNSKILL/GETTY IMAGES)

Manajer Manchester United, Louis van Gaal (64), menilai cemoohan penonton terhadap dirinya layak diberikan seusai United takluk 0-1 dari Southampton dalam pertandingan Premier League di Old Trafford pada Sabtu (23/1/2016).

Seperti dilansir BBC, Van Gaal menjawab pertanyaan seputar cemoohan fans Man United di Theatre of Dreams.

"Mereka benar, saya tidak dapat menyangkalnya. Namun, dalam keadaan baik atau buruk kami harus tetap bersama-sama," kata eks pelatih tim nasional Belanda itu.

"Kami bekerja sangat keras, tetapi kami mengalami banyak cedera yang tidak dapat diubah," ujar Van Gaal menjelaskan.

Juru taktik terbaik Belanda pada 2009 dan 2014 itu menerangkan keseriusan dia untuk meraih kemenangan dengan melakukan pergantian pemain.

"Saya ingin memenangi pertandingan ini, oleh karena itu saya mengganti Cameron Borthwick-Jackson dengan Adnan Januzaj. Hal tersebut merupakan risiko yang harus Anda ambil," tutur Van Gaal.

"Ini adalah pertandingan yang buruk dan kami tidak menciptakan begitu banyak peluang," ucapnya lagi.

Van Gaal beranggapan pemainnya bermain tidak lepas.

"Karena Anda harus memenuhi harapan dan harapan itu sangat tinggi, ini memberikan banyak tekanan bagi para pemain," ujar meneer yang mengantarkan Belanda finis di tempat ketiga pada Piala Dunia 2014 itu.

Dengan kekalahan di markas sendiri tersebut, Man United kini tetap mengoleksi 37 poin. Mereka tertinggal lima angka dari peringkat terakhir penghuni zona Liga Champions yang ditempati oleh Tottenham Hotspur.